Aksi Hijau Agar Bumi Bisa Bertahan Lebih lama Lagi

Author : Administrator | Minggu, 21 Juni 2015 14:08 WIB | Surya - Surya
Aksi Hijau Agar Bumi Bisa Bertahan Lebih lama Lagi
www
Bumi hijau

Ditulis oleh Fillah Amalia
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
fb.com/fillah.amalia

Aku sakit.... Aku lelah bertahan untuk mereka... Penyakitku ini sudah stadium 4... Entah berapa lama aku dapat bertahan untuk mereka... Mereka yang tak mau melihatku sedetikpun...

TANPA disadari, umur bumi semakin tua. Arus globalisasi dan aktivitas produksi memengaruhi pertahanan bumi untuk manusia. Manusia, salah satu insan yang bertanggungjawab dalam kelangsungan hidup bumi.

Meningkatnya arus produksi plastik yang dapat mengakibatkan gas rumah kaca, penebangan hutan secara liar yang dapat merusak paru-paru dunia, dan menurunnya sikap peduli lingkungan. Sederet sikap yang semakin cepat menipiskan lapisan ozon bumi, sehingga bumi semakin panas dan pertahanan bumi semakin lemah.

Komunitas bak emas hijau, kelompok mahasiswa peduli lingkungan, terpanggil untuk merangkai kegiatan untuk menyelamatkan lingkungan lewat gerakan Green Days.

Gerakan dimotori lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari disiplin ilmu berbeda, di antaranya Fillah Amalia, Novi Regina Warziki, Pangestu Dwipa Airlangga, Annek Astri Octaviani, dan Fadilah Swantini.

Lewat pembentukan tim dan perancangan program dilaksanakan sejak 1 November 2014 dan diaplikasikan langsung di SD Muhammadiyah 08 Dau, Kabupaten Malang, pada 10-17 April 2015 silam.

Sekolah dasar swasta ini tanpa memiliki lahan memadai untuk sekadar menanam bunga. Lingkungan sekolah dipenuhi aspal sehingga tak memungkin siswa menanam pohon. 

Namun, SD ini sudah menerapkan sistem pembuangan sampah dengan cara menggolongkan antara sampah organik dan anorganik. Tetapi masih banyak dijumpai siswa yang membuang sampah di sembarang tempat. Siswa pun belum mengerti bagaimana cara mendaur-ulang sampah agar bernilai ekonomi.

Kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar sekolah pun belum mendorong siswa untuk peduli tehadap lingkungan.

Komunitas bak emas hijau merupakan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan bab Penyebab Kerusakan Lingkungan dan Pencegahannya untuk siswa kelas 4 SD. Rangkaian kegiatan yang menggunakan Bak Emas Hijau sebagai media pembelajaran ini dinamakan Green Days.

Rangkaian kegiatan pun dimulai dari memilah sampah organik dan anorganik, sampah anorganik seperti botol plastik didaur ulang menjadi pot untuk menanam pohon. Sementara sampah organik dimanfaatkan sebagai pupuk.

Kegiatan yang terakhir adalah menanam pohon lokal Kota Malang yaitu apel dan jeruk dengan menggunakan media yang dihasilkan sebelumnya.

Selain bertujuan menanamkan jiwa peduli lingkungan, kepala sekolah dan guru kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Dau, Kabupaten Malang berharap siswa tak sekadar paham teori dalam pembelajaran tersebut tetapi juga memahami implementasi kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2015/06/21/aksi-hijau-agar-bumi-bisa-bertahan-lebih-lama-lagi
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image