Hanya Unmuh Malang Dapat Hibah Dana Penelitian Rp 10 Miliar

Author : Administrator | Jum'at, 27 Maret 2015 02:27 WIB | Surabaya Post - Surabaya Post

UMM dalam Berita Koran Online

Hanya Unmuh Malang Dapat Hibah Dana Penelitian Rp 10 Miliar
dokumen UMM
Mahasiswa asing di kampus Universitas Muhammadiyah Malang.

SURYA.co.id | MALANG - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang mendapat dana hibah penelitian Rp 10 miliar dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) RI.

Pemberian dana hibah itu disampaikan Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM), Prof Dr Ir Sujono MKes, sebagai imbas dari status UMM yang meraih cluster mandiri di tahun 2014 lalu.

Peningkatan status ini membuat kucuran dana hibah di UMM naik lima kali lipat, dari tahun sebelumnya, Rp 2 miliar.

“Sebenarnya, cluster Mandiri bisa mendapatkan dana lebih dari itu, tetapi karena kita masih berada di tahun pertama, maka kita mendapat 10 miliar,” ungkap Sujono saat diwawancarai, Rabu (25/3/2015).

Sekadar diketahui, Cluster Mandiri merupakan kategori tertinggi dalam standarisasi penelitian Dikti. Perguruan tinggi yang termasuk dalam Cluster Mandiri di Indonesia berjumlah 14 buah. Di antaranya ITB, UGM, UI, Unpad, IPB, UNS, Unhas, Undip, UB, Unair, ITS, UPN Veteran Jawa Timur, dan Universitas Andalas.

Menurut Sujono, cluster mandiri bisa langsung membuat evaluasi penelitian dilakukan oleh penelitinya sendiri. Evaluasi ini merupakan nilai tambah dari diberikannya cluster mandiri oleh Dikti pada UMM di tahun 2014.

Sebelum status itu disandang, lanjutnya, evaluasi penelitian harus ditentukan oleh Dikti terlebih dulu.

”Selain evaluasi, desentralisasi dan penelitian juga bisa dilakukan langsung oleh UMM,” ujarnya.

Diungkapkan Sujono, tercatat pada tahun ini ada 11 skema penelitian dengan 102 judul proposal yang bakal dilakukan di tahun ini menggunakan dana hibah tersebut.

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2015/03/27/hanya-unmuh-malang-dapat-hibah-dana-penelitian-rp-10-miliar
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image