Tim Bimasena UNY Juara Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia VI

Author : Administrator | Rabu, 00 0000 | Suara Merdeka - Suara Merdeka

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Tim Bimasena UNY merebut juara Katagori Kesesuaian Implementasi terhadap Rancangan pada Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia VI di Universitas Muhammadiyah Malang.

Tim itu beranggotakan Achmad Rafi’ud Drajat, Agus Setiawan, dan Harmanto dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik di bawah arahan dosen pembimbing Faqih Ma’arif MEng.

Keunggulan karya mahasiswa UNY itu dibandingkan peserta yang lain adalah terletak pada kesesuaian miniatur dengan konsep bangunan pada proposal.

Dalam kompetisi itu, tim Bimasena mempersembahkan Jowo Karach, yakni konsep bangunan joglo atau dijuluki Kamper Artistic Culture House.

Bangunan itu merupakan rumah joglo dengan material kayu kamper yang menggambarkan karakteristik kearifan budaya lokal Jawa yang kental akan filosofinya. ”Bangunan ini juga dikombinasikan dengan aksentuasi modern pada beberapa bagian,” jelas Harmanto.

Pada bagian atap, bangunan joglo dua lantai itu menggunakan gaya joglo jampongan yang memiliki karakter kebangsawanan Jawa yang kuat. ”Adapun pemilihan material kayu kamper sendiri dilatarbelakangi pada melimpahnya bahan ini di Indonesia,” ujarnya.

Pertumbuhan kayu itu merata di Indonesia karena memang jenisnya yang mudah tumbuh di area manapun. Selain itu, kayu kamper telah lama menjadi alternatif bahan bangunan yang harganya cukup terjangkau,” tambahnya.

Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/tim-bimasena-uny-juara-kompetisi-bangunan-gedung-indonesia-vi/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared: