Muhammadiyah Usulkan Profesor Suyanto sebagai Mendikbud

Author : Administrator | Kamis, 25 September 2014 17:45 WIB | Suara Islam - Suara Islam

UMM dalam Berita Koran Online

Prof Dr Suyatno, M.Pd

Lamongan (SI Online) - Tinggal kurang dari sebulan, Presiden dan Wakil Presiden terpilih—Joko Widodo dan Mohammad Jusuf Kalla (Jokowi – JK) dilantik, Pimpinan  Pusat (PP)  Muhammadiyah memastikan mengajukan Prof. Suyanto untuk diusulkan masuk kabinet sebagai calon Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelum ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dari kalangan Muhammadiyah adalah Malik Fadjar, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang pernah juga menjabat sebagai Menteri Agama.  Kemudian digantikan oleh Muh. Nuh, dari Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya yang juga dari kalangan Nahdlatul Ulama.

Prof. Suyanto, di jajaran PP Muhammadiyah adalah Ketua Majelis Pendidikan Tinggi (Dikti). Kepastian dicalonkan sebagai Mendikbud oleh PP Muhammadiyah, diungkapkan Abdul Mu’ti, salah satu Ketua PP Muhammadiyah, saat menyampaikan tausyiyah di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah di Kabupaten Lamongan – Jawa Timur.

Menurut Abdul Mu’ti,  jika Pemerintahan Jokowi – JK kelak melakukan pemiihakkan  ke sektor pendidikan, diyakini  secara otomatis ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan terangkat. 

Prof. Suyanto, lanjut Abdul Mu’ti, adalah salah satu senior di jajaran PP Muhammadiyah---sebagai Pengurus Majelis Dikti layak disodorkan sebagai calon Mendikbud. Dia juga berpengalaman menjabat sebagai Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmnen) Kementerian Pendidikan Nasional; sangat layak  memegang kepemimpinan untuk mengelola dan memajukan pendidikan di Indonesia.

“Mudah-mudahan Bapak  Jokowi mendengar saya, dan mempertimbangkan usulan Muhammadiyah,  Prof. Suyanto ini,  sangat layak  menjabat  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Abdul Mu’ti di tengah acara wisuda Sarjana Keperawatan, Diploma III, Kebidanan dan pengambilan sumpah janji mahasiswa STIKES Muhammadiyah Kabupaten Lamongan - JawaTimur.

Prof. Suyanto, yang saat itu juga hadir hanya tersipu tanpa memberi komentar apapun atas pernyataan  Abdul Mu’ti  yang mengungkap pencalonan dirinya  sebagai Mendikbud oleh PP Muhammadiyah.

Mendapat kesempatan berbicara,  seolah seperti  tidak ada pernyataan tentang pencalonan itu. Perhatiannya tertuju kepada segenap mahasiswa STIKES terutama kepada  499 wisudawan. “Tingkatkan belajar. Apa yang sekarang ini sudah diperoleh dan dipelajari, bulan depan, kemungkinan sudah tidak relevan lagi. Karena itu, kendati sudah lulus sebagai sarjana, jangan pernah berhenti belajar,” pesannya.

Pun  seusai acara, Prof. Suyanto dikejar sejumlah wartawan yang berharap dapat mengutip komentarnya atas pencalonan dirinya itu, hanya mengulas senyum. Ketika terus didesak,  masih tersenyum dan kemudian meminta maaf,  untuk tidak memberikan komentar   terkait masalah itu.

Rep        :  Muhammad Halwan
Sumber :  Harian SURYA

Sumber: http://www.suara-islam.com/read/index/12016/Muhammadiyah-Usulkan-Profesor-Suyanto-sebagai-Mendikbud
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image