UMM Cetak Mahasiswa Pengusaha

Author : Administrator | Jum'at, 28 Juni 2019 15:50 WIB | Republika - Republika

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berupaya untuk terus mencetak mahasiswa pengusaha. Salah satunya dengan mengadakan perhelatan Diplomat Success Challenge ke-10 2019 / (DSC|X) yang digagas oleh Wismilak Foundation dan Ngalup.co coworkingspace.

Untuk mencapai target mahasiswa pengusaha, UMM baru saja menghadirkan beberapa pengusaha muda yang sukses di bidang masing-masing. Beberapa di antaranya Yoga Surya Pratama selaku Pendiri DeKonco Coklat Tempe dan Contentpreneur, Rizky Boncel

Di hadapan mahasiswa, Yoga Surya Pratama menceritakan bagaimana ia mendapat penolakan saat awal memasarkan produknya. Bahkan, dia pernah mendapatkan satu pelanggan dalam sehari.

Segala kegagalan pada perjalanan usahanya,  justru membuat Yoga belajar banyak hal. Dari situ, ia sadar pentingnya sebuah metamorforsis dalam dunia usaha. “Jadi harus dijalani dengan berproses.  Misal ini rasanya kurang, ini tambahin. Variannya kurang, ini juga tambahin. Proses ini yang buat kita jadi sempurna,” ungkap pria kelahiran 1993 ini.

Selain belajar memaksimalkan produk yang dimiliki, Yoga memiliki hal lain yang tidak kalah penting. Salah satunya motivasi yang dipegang oleh seseorang saat menjalankan sebuah usaha.

Yoga tak menampik, motivasi usaha pertamanya karena membutuhkan uang. Dia mempunya mimpi dan keinginan yang besar. Jika tidak bekerja, maka dia akan kesulitan meraih impian.

“Jadi kita harus punya target yang jelas.  Selain target bisnis, target pasar, juga target hidup,” tegasnya.

Tidak hanya Yoga, Contentpreneur, Rizky Boncel juga ikut memercik semangat mahasiswa menjadi pengusaha muda. Ia mengajak  para mahasiswa yang hadir untuk segera memulai langkah dan merealisasikan gagasan usahanya. Apabila sudah memulai, maka segera mengembangkannya dengan melakukan kolaborasi bersama.

Selain berbagi kiat dan solusi berwirausaha dengan para entrepreuner muda, DSC|X 2019 juga menyosialisasikan kiat pengajuan proposal bagi kaum muda Indonesia. Tujuannya, untuk mengembangkan ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Konsep usaha yang terpilih akan mendapatkan hibah modal total Rp 2 miliar untuk mewujudkan bisnisnya.

Kepala Bagian (Kabag) Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni (PKMA) UMM, Fien Zulfikarijah menyampaikan, ajang ini mendapat dukungan penuh dari kampus. Acara juga sudah sejalan dengan usaha pemenuhan jumlah mahasiswa pengusaha yang harus dimiliki perguruan tinggi. Ditambah lagi, target pemerintah mendorong atau mewajibkan setiap perguruan tinggi agar jumlah mahasiswa yang berwirausaha meningkat.

 

"Maka kita juga akan melakukan hal seperti itu. Sekarang minimal 10 persen mahasiswa di setiap perguruan tinggi harus wirausaha,” ujar dia.

Sumber: https://republika.co.id/berita/pendidikan/universitas-muhammadiyah-malang/ptpf20368/umm-cetak-mahasiswa-pengusaha
Shared:
Shared: