UMM Buka Klinik di Sumba

Author : Administrator | Minggu, 29 Oktober 2017 14:01 WIB | Republika - Republika

UMM dalam Berita Koran Online

Universitas Muhammadiyah Malang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berupaya mengembangkan sayap amal usahanya di berbagai bidang, salah satunya dengan ekspansi bidang kesehatan, yakni membuka Klinik Surya Medika di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rektor UMM Fauzan mengemukakan saat ini pengelolaan Klinik Surya Medika Sumbawa tersebut di bawah naungan UMM. "Klinik tersebut sekarang sedang mempersiapkan diri untuk mengubah statusnya menjadi Rumah Sakit Pelayanan Kesejahteraan Umum (RS PKU)," kata Fauzan di Malang, Jawa Timur, Senin (30/10).

Fauzan mengakui sebenarnya Klnik Surya Medika di Sumbawa tersebut sudah beroperasi sejak satu tahun lalu dan Ahad (29/10) merupakan milad pertama. Kegiatan yang digelar sebagai penanda milad pertama berdirinya Klinik Surya Medika tersebut, di antaranya adalah "Sumbawa Bebas Narkoba" dan jalan sehat.

"Kebetulan saya kemarin hadir didampingi jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sumbawa, sehingga saya tahu sepeti apa perkembangan dan potensinya. Yang terpenting bagi saya kehadiran Klinik Surya Medika ini bisa membantu dalam pelayanan kesehatan di daerah itu," ujarnya.

Saat ini Klinik Surya Medika Sumbawa memiliki 51 orang pegawai operasional, empat dokter umum, delapan dokter spesialis, enam poliklinik, 16 ruang rawat inap, satu ruang bersalin dan satu ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD). Berdasarkan pencapaian tersebut, Klinik Surya Medika yang pengelolaanya masih ada di bawah naungan UMM, sedang bersiap untuk mengubah statusnya menjadi RS PKU.

Sementara itu, Direktur Klinik Surya Medika Sumbawa Yogi Triatma Kusuma mengaku pihaknya saat ini fokus pada persiapan untuk berubah status menjadi RS PKU Surya Medika. "Keberadaan tenaga ahli kesehatan maupun sarana dan prasarana penunjang yang ada saat ini sudah memenuhi standar cukup mendukung keinginan kami untuk berubah status," katanya.

Sebagai bagian dari amal usaha UMM, Klinik Surya Medika saat ini juga berupaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan home care bernama Pintu Surya Medika. Selain itu, bekerja sama dengan BNN dan fokus menyusun rancangan kegiatan rehabilitasi pecandu narkoba.

Selain memiliki Klinik Surya Media di Sumbawa dan di Malang, UMM juga mengembangkan RS UMM dengan fasilitas cukup memadai. RS UMM yang berdiri i atas lahan puluhan hektare yang berdekatan dengan kampus III UMM itu memiliki fasilitas untuk cuci darah bagi penderita gagal ginjal.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/17/10/30/oym5lv335-umm-buka-klinik-di-sumba
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image