Ketua PDM dan PDA Banyumas Raih Gelar Doktor di UMM

Author : Administrator | Senin, 05 Februari 2018 11:54 WIB | Republika - Republika

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Secara bersamaan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Banyumas, Ibnu Hasan dan Zakiyah, meraih gelar doktor dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pengukuhan keduanya menyandang gelar doktor berlangsung pada Sabtu (3/2).

Acara pengukuhan keduanya dihadiri Rektor UMP De Syamsuhadi Irsyad dan jajaran pengurus PDM dan PDA Kabupaten Banyumas. Ketua PDM dan PDA Kabupaten Banyumas yang juga merupakan dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ini, meraih predikat cumlaude dan resmi menjadi Doktor ke-14 dan 15 yang telah diluluskan oleh UMM.

Rektor UMP Dr Syamsuhadi Irsyuad, mengaku memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah yang secara bersamaan telah mendapat gelar doktor dari UMM. ''Apalagi, keduanya juga merupakan staf pengajar di UMP,'' jelasnya, Senin (5/2).

Untuk menyelesaikan doktornya, Ibnu Hasan menyusun disertasi yang berjudul 'Paham Keagamaan Pimpinan Pesantren dan Implikasinya terhadap Pengembangan Pemikiran Pendidikan (Studi Fenomenologi pada Pesantren Salafi di Kabupaten Banyumas)'. ''Meski studi tentang salafi sudah cukup banyak, namun tema itu tetap menjadi tema yang menarik untuk diteliti,'' jelasnya.

Dia berharap, rekannya sesama pengajar di UMP yang memiliki konsentrasi di bidang pendidikan Islam, bisa segera melanjutkan studi jenjang S2 maupun S3. ''Insyaallah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto juga nanti akan buka magister Pendidikan Agama Islam,'' katanya.

Sementara Zakiyah, mengaku yang melatarbelakangi dirinya untuk menempuh program doktornya adalah karena adanya dorongan semangat dari keluarga. ''Berkat dorongan keluarda, orang setua saya yang kini sudah menginjak 52 tahun masih bisa menyelesaikan program S3,'' katanya.

Terkait tema penelitian desertasinya yang fokus pada anak usia dini, Zakiyah mengungkapkan tema penelitian ini dipilih karena anak usia dini menjadi awal pendidikan. ''Insyaallah, ketika anak itu sukses di pendidikan usia dini, semakin dia dewasa akan semakin semangat untuk belajar,'' katanya.

  •  
Sumber: http://republika.co.id/berita/nasional/sang-pencerah/18/02/05/p3o6z4423-ketua-pdm-dan-pda-banyumas-raih-gelar-doktor-di-umm
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared: