DI MATOS, JOKOWI JABAT TANGAN XI JINPING

Author : Administrator | Sabtu, 03 Februari 2018 11:49 WIB | Radar Malang.ID - Radar Malang.ID

Di Matos (Malang Town Square), kemarin (2/2) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjabat tangan Presiden RRT (Republik Rakyat Tiongkok) Xi Jinping. Jabat tangan kedua kepala negara tersebut menandakan kerja sama Indonesia-RRT berjalan dengan baik.

MALANG KOTA – Di Matos (Malang Town Square), kemarin (2/2) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjabat tangan Presiden RRT (Republik Rakyat Tiongkok) Xi Jinping. Jabat tangan kedua kepala negara tersebut menandakan kerja sama Indonesia-RRT berjalan dengan baik.

Tapi jangan salah, jabat tangan dua tokoh di Matos tersebut bukanlah yang sebenarnya. Tapi, berupa foto yang dipamerkan Konjen (Konsulat Jenderal RRT) bekerja sama dengan UMM (Universitas Muhammadiyah Malang). Foto tersebut diambil pada 14 Mei 2017, saat Jokowi menghadiri forum kerja sama internasional dengan RRT dan negara-negara lainnya.

Pameran bertema ”Satu Sabuk Satu Jalan” itu memampang 100 foto. Yakni, menampilkan produk teknologi, sosial, ekologi, politik, budaya, dan lain-lainnya. Pameran yang berlangsung Kamis lalu (1/2) digelar hingga Minggu (4/2).

”Tujuan kami menggelar pameran ini agar masyarakat mengetahui perkembangan kebudayaan Tiongkok,” ujar Selviana Lailil Maghfiroh, anggota Internasional Relation Office, saat ditemui di sela-sela pameran.

Sementara itu, salah satu panitia pameran dari UMM Mohammad Syaroni menyatakan, pameran tersebut menggambarkan bahwa Tiongkok memiliki misi internasional untuk menggenjot perekonomiannya. ”Salah satunya menjalin kerja sama dengan negara-negara lain,” kata Syaroni.

Menurut Syaroni, RRT ingin mengenalkan kembali jalur sutra, yaitu jalur yang padat dengan perdagangan karena pertemuan antarnegara. Jalur sutra menghubungkan peradaban Asia, Eropa, dan Afrika.

Salah satu pengunjung, Pramaishela mengaku senang dengan adanya pameran ini. Dia juga sempat berfoto dengan beberapa foto dalam pameran. ”Gak biasa ya ada pameran foto di mal,” ujar mahasiswa Poltekkes itu.

 

Pewarta: Imarotul Izza
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono

Sumber: https://www.radarmalang.id/di-matos-jokowi-jabat-tangan-xi-jinping/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared: