Mendikbud: Pendidikan Juga Tanggung Jawab Masyarakat

Author : Administrator | Senin, 29 Agustus 2016 17:04 WIB | Okezone - Okezone

Foto: Dok UMM

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengapresiasi peran swasta yang ikut andil dalam menyukseskan pendidikan di Tanah Air. Hal tersebut ditunjukkan dengan kehadirannya dalam peresmian gedung SMP Lokon St Nikolaus di Kota Tomohon.

Pada kesempatan itu Muhadjir sengaja menyempatkan diri di tengah kunjungan kerja ke Sulawesi Utara untuk membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional 2016 di Manado. Menurut dia, Yayasan Lokon St Nikolaus menjadi salah satu sektor swasta yang telah berkontribusi memajukan pendidikan di sana.

"Pendidikan bukan hanya tanggung jawab negara tapi juga masyarakat luas," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Okezone, Senin (29/8/2016).

Di hadapan ratusan siswa-siswi SD, SMP, dan SMA, serta jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini juga menekankan pentingnya pendidikan karakter.

"Saya ikut senang karena lembaga pendidikan swasta juga memberikan penekanan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran di sekolah," sebutnya.

Muhadjir menambahkan, pendidikan karakter anak juga dipengaruhi oleh peran seorang guru. Bahkan bisa jadi anak yang dididiknya bisa lebih baik dari guru tersebut sendiri.

"Guru yang baik bisa mencetak anak didiknya jadi lebih baik dari dirinya sendiri," pungkasnya.

(sus)

 

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/08/29/65/1475743/mendikbud-pendidikan-juga-tanggung-jawab-masyarakat
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared: