Ekonomi Anjlok: Diversifikasi Pertanian KKN UMM, Strategi Pertahanan Gizi Lawan Covid 19

Author : Administrator | Selasa, 16 Juni 2020 15:10 WIB | Okezone - Okezone

Oknews.co.id, Pasuruan – Wabah Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap kehidupan manusia diseluruh penjuru dunia. Bukan hanya berdampak pada aspek kesehatan, namun seluruh aspek seperti hubungan sosial, pendidikan dan perekonomian juga turut menjadi korban dampak buruk dari adanya wabah tersebut.

Di Indonesia, masih banyak kita temukan masyarakat menengah ke atas hingga kebawah yang semakin disulitkan oleh keadaan. Pekerjaan yang mereka lakukan demi mencari sesuap nasi kini harus mereka tinggalkan. Terlebih pada masyarakat menengah kebawah yang pada dasarnya pekerjaan yang mereka lakukan sehari-harinya saja belum tentu mencukupi kebutuhan hidup, apalagi setelah adanya wabah Covid-19 ini, kehidupan masyarakat semakin dipersulit karena bahan pangan yang harus mereka beli semakin mengalami kenaikan harga.

Kekurangan asupan makanan dan gizi menjadikan masyarakat rentan terkena penyakit, bahkan tidak sedikit dari saudara-saudara kita disana yang harus merenggang nyawa akibat kurangnya asupan gizi yang mereka konsumsi.

Senin, 1/6 hingga Rabu, 10/6, dengan gerakan Fastabiqul Khairaat “ berlomba-lomba dalam kebaikan”, Azizatus Sholikhah seorang mahasiswi UMM Program Studi Hukum Keluarga Islam, dalam rangka penerapan Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri dibawah bimbingan bapak Drs. Moh. Jufri, ST., MT., selaku Dosen Pembimbing Lapang kegiatan PMM mengajak beberapa warga Dusun Kedondong, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur untuk belajar dan praktik penanaman sayuran kangkung sebagai strategi pertahanan gizi masyarakat menghadapi pandemi covid-19.

Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi sejumlah rumah warga sesuai dengan kebijakan protokol kesehatan setempat, masyarakat yang telah memperoleh sosialisasi tersebut nantinya diharapkan mampu untuk mengajak masyarakat lainnya menaanam sayuran kangkung sebagai pertahanan gizi masyarakat setempat. Mahasiswi melaksanakan kegiatan tersebut dengan memberikan masing-masing warga sepaket bahan tanam seperti pupuk media tanam, bibit kangkung unggul, serta polybag. Dalam perhitungan kurun waktu yang ditentukan, hasil penanaman tersebut akan diamati pertumbuhan dan kesuburannya.

Dengan adanya kegiatan ini, warga desa Dusun Kedondong, Pandaan, merasa senang terutama dari kalangan ibu-ibu yang kini dapat mulai memanem hasil tanamannya untuk memenuhi kesehatan keluarganya, selain dari segi kesehatan, kangkung yang mereka panen dapat membantu menghemat biaya kebutuhan bahan pangan sehari-hari.

Penulis : Azizatus Sholikhah
Editor    : Izzun Islami Akbar

Sumber: https://oknews.co.id/ekonomi-anjlok-mahasiswi-umm-ajak-masyarakat-menanam-kangkung-sebagai-strategi-pertahanan-gizi-dalam-menghadapi-pandemi-covid-19/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared: