Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM Gelar Webinar Kisah Sukses Alumni

Author : Administrator | Jum'at, 14 Agustus 2020 13:42 WIB | New Malang Pos - New Malang Pos

NEW MALANG POS, MALANG – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM menghelat webinar. Temanya cerita-cerita sukses alumnus Bahasa Inggris UMM. Yakni dari Muhammad Miftah Fauzan dan Teguh Sri Wiyono. Fauzan adalah alumnus Bahasa Inggris UMM. Kini, dia dosen Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar.

Teguh tak kalah mentereng. Dia menjabat Safety and Security Manager US Peace Corps. Kisah mereka disaksikan banyak peserta webinar, Selasa (11/8). Pesertanya dari sekolah menengah atas di Jawa-Sumatera. Para mahasiswa juga turut serta dalam webinar.

“Webinar-nya bertema Succesful Alumni Stories : English for the Future. Dua alumnus kami membagikan kisah suksesnya. Untuk menginspirasi para peserta webinar. Sekaligus, memperkenalkan prodi kami,” ujar Erlyna Abidasari, panitia webinar ini, kepada New Malang Pos.

Dalam webinar yang dimulai pukul 10, Fauzan menceritakan pengalamannya. Dia merasa beruntung sebagai mahasiswa prodi Bahasa Inggris. Tahun 2005, dia memutuskan kuliah di UMM. Dia mengambil Pendidikan Bahasa Inggris. Dia merasa potensi dirinya berkembang selama di UMM. Dia berkuliah selama 4 tahun.

Fauzan menceritakan soal keterbukaan UMM mengasah bakat mahasiswanya. Dia terlibat dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Pun, dia mengasah skill bahasa di International Language Forum. Skill-nya kian terasah dengan adanya native speaker. Karirnya sebagai dosen muda moncer. Dia tak hanya pengajar. Fauzan juga staf ahli wakil rektor 4 UNM.

“Prodi kami memang banyak dosen asing. Sehingga, speaking skill mahasiswa akan terasah. Pengajarnya 90 persen juga lulusan luar negeri,” sambung Erlyna. Sementara, Teguh bercerita soal international exposure UMM. Teguh, alumnus 2001, mendapat benefit nyata international exposure. Misalnya, program kerjasama UMM dengan Erasmus.

Ini mendukung program pertukaran pelajar ke universitas di Eropa. Setelah lulus, Teguh meniti karirnya. Dan akhirnya bergabung di perusahaannya sekarang. Dia beberapa kali ke Amerika Serikat untuk kunjungan kerja. Dia bersyukur bisa belajar di Bahasa Inggris UMM. Jadinya, mudah berkomunikasi dengan kolega dari benua lain.

Dalam masa pandemi, skill-nya makin bermanfaat. Karena, networking dan komunikasi penting bagi profesinya sekarang. Erlyna menyebut kisah sukses ini diharap menginspirasi banyak siswa. “Peserta webinar sendiri dari berbagai daerah. 90 persen dari pulau Jawa. Tapi, ada juga dari Sumatera dan Bangka. Ini juga rangkaian ketiga kegiatan kami. Webinar sudah kami jalankan lima bulan. Kami akan jalankan terus sampai September,” tutupnya.(fin)

Sumber: https://newmalangpos.id/2020/08/11/prodi-pendidikan-bahasa-inggris-umm-gelar-webinar-kisah-sukses-alumni/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared: