Sekolah yang Capai Standar akan Bebas dari UN

Author : Administrator | Jum'at, 28 Oktober 2016 12:45 WIB | Media Indonesia - Media Indonesia

ANTARA

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan akan menghapuskan pelaksanaan ujian nasional (UN) di 30% sekolah yang memiliki nilai akademik di atas rata-rata standar nasional.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari rencana holistis keberadaan UN sebagai alat ukur pencapaian kompetensi pendidikan secara nasional.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berpendapat sekolah yang memiliki nilai akademik di atas rata-rata nasional justru tak perlu mengikuti UN.

Penghapusan pelaksanaan UN dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah tersebut.

"Persoalannya ialah sudah ada 30% sekolah yang dari segi integritas maupun skor akademik di atas rata-rata nasional. Lah kalau sudah begitu apakah dia harus ikut ujian nasional lagi? Ikut dipetakan lagi? Itu kan enggak perlu," ujar Muhadjir yang mengaku sudah mendiskusikan hal tersebut dengan Wapres Jusuf Kalla.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu menambahkan ke depan juga harus ada treatment khusus terhadap sekolah yang belum melampaui standar.

"Nanti setelah itu ditangani dalam waktu yang cukup, kita uji, tes lagi. Sudah tercapai belum. Kalau sudah tercapai, berapa yang sudah tercapai. Kalau belum, berapa yang belum. Nanti kita treatment lagi," jelas Mendikbud.

Langkah perbaikan terhadap sekolah yang belum dapat melampaui nilai standar dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas gurunya dan sarana sekolah.

"Jadi kita betul-betul fokus dari masalah. Akan tetapi, kalau kita hanya melihat secara nasional, kita kan enggak bisa tahu di mana letak masalah yang standarnya masih lemah di mana, di kota mana, kita tidak bisa tahu," tambah dia.

Penghapusan ujian nasional di 30% sekolah tersebut juga dilakukan untuk menghemat anggaran pemerintah yanng bisa dialihkan untuk perbaikan kualitas di sekolah lain yang nilai akademiknya belum dapat melampaui nilai standar nasional. (Bay/H-1)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/news/read/74239/sekolah-yang-capai-standar-akan-bebas-dari-un/2016-10-27
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image