Menuju Muktamar Besar Dua Sayap Garuda

Author : Administrator | Jum'at, 31 Juli 2015 | Media Indonesia - Media Indonesia

SEBUAH pesan singkat bertuliskan ajakan membuat spanduk bersama menyambut muktamar NU dan Muhammadiyah masuk ke telepon Affifudin, Pengurus Nahdlatul Ulama Wilayah Sumatra Utara, siang itu. Ajakan itu datang dari Ketua Muhammadiyah Wilayah Sumut, Asmuni. "Kami sambut gembira. Dulu, Muhammadiyah dan NU selalu bertentangan soal furuiyah. Tapi sekarang mencair," terang Affifudin, kemarin.

Di Malang, Jawa Timur, aksi berbagi baliho tampak di dekat kampus Universitas Muhammadiyah Malang. Ucapan selamat bermuktamar bagi NU dan Muhammadiyah terpampang memanjang di atas jalan utama tak jauh dari kampus UMM. Kedua organisasi masyarakat terbesar di Indonesia tersebut bakal menggelar muktamar hampir bersamaan.

NU menggelar muktamar ke-33 pada 1-5 Agustus di Jombang, Jawa Timur. Muhammadiyah melaksanakan muktamar ke-47, 3-7 Agustus, di Makassar, Sulsel. Tema muktamar pun nyaris sama. NU bertema Meneguhkan Islam Nusantara untuk peradaban Indonesia dan dunia. Muhammadiyah mengusung Gerakan pencerahan menuju Indonesia berkemajuan.

Berbagai kalangan menyambut positif kebersamaan dua organisasi tua (Muhammadiyah berusia 103 tahun dan NU berumur 89 tahun) itu. "Pendiri kedua organisasi itu punya pemikiran yang sama untuk membebaskan bangsa dari penjajahan. Wajar jika kedua organisasi itu bahu-membahu," kata Lukman Hakim, cicit KH Sholeh Darat, karib KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah) dan KH Hasyim Asy'ari (pendiri NU).

Hasil penelusuran Media Indonesia juga menunjukkan Dahlan dan Hasyim bersahabat karib di pesantren KH Sholeh Darat, Semarang. Tak berlebihan kalau mendiang Nurcholish Madjid mengibaratkan, jika Indonesia burung garuda, Muhammadiyah dan NU adalah kedua sayapnya. Tatkala keduanya mengepak secara kompak, umat dan bangsa akan dibawa terbang menggapai cita-cita. Sebagai pengantar menuju muktamar, harian ini menurunkan laporan khusus di halaman 3 dan 4, berisi penelusuran jejak sejarah dan wawancara pucuk pimpinan kedua organisasi. 

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/13865/Menuju-Muktamar-Besar-Dua-Sayap-Garuda/2015/07/31
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared: