JK Sebut Full Day School bukan Hal Baru

Author : Administrator | Rabu, 10 Agustus 2016 14:29 WIB | Media Indonesia - Media Indonesia

ANTARA/Septianda Perdana

WAKIL Presiden Jusuf Kalla mendukung wacana full day school yang digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terlebih, kata dia, kebijakan itu sejatinya sudah dilakukan di beberapa sekolah di Indonesia.

"Itu bukan hal baru, sekolah-sekolah swasta banyak yang seperti itu," kata JK usai menghadiri pembukaan Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition 2016 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (10/8).

Dia pun bercerita pesantren yang ada di Tanah Air malah memberlakukan jam sekolah yang lebih panjang.

"Jangankan full day, ada sekolah yang all day kayak pesantren. Pesantren kan siang malam, bukan hal unik biasa saja," jelas dia.

Kendati demikian, JK menyadari bila konsep ini perlu memperhatikan beberapa aspek sebelum diterapkan. Terlebih, tidak semua sekolah bisa melakukannya.

"Contohnya harus ada kantin yang baik, bisa mengembangkan diri, dan ada ruang bermain yang baik," jelas dia.

Wacana ini, kata dia, masih akan diujicobakan di beberapa daerah. Kondisi sosial tiap daerah akan diperhatikan sebelum maju ke tahap selanjutnya.

"Katakan di daerah pertanian. Siang itu dia bantu bapaknya masa panen. Jadi diuji coba dulu di daerah tertentu. Ya sesuaikan tempatlah. Di mana yang perlu," pungkas dia.

Mendikbud baru Muhadjir Effendy menggagas sistem full day school. Alasan dia, agar anak tidak sendiri usai pulang sekolah sedangkan orangtua mereka masih bekerja.

"Dengan sistem full day school ini, secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orangtua mereka masih belum pulang bekerja," kata Mendikbud di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (7/8).

Menurut Mendikbud, jika anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas sekolah sampai tiba saatnya dijemput orangtua. Sementara, ketika berada di rumah, anak tetap dalam pengawasan orangtua. (MTVN/OL-3)

Sumber: http://mediaindonesia.com/news/read/60889/jk-sebut-full-day-school-bukan-hal-baru/2016-08-10
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image