KKN 126 UMM dan Hotbottles Company Gali Potensi Slorok Jadi Desa Wirausaha

Author : Administrator | Senin, 12 Agustus 2019 13:21 WIB | Malang Today - Malang Today

MALANGTODAY.NET–  Acara ngobrol santai dengan tema “Menggali Potensi untuk Menumbuhkan Semangat Jiwa Kewirausahaan” telah diselenggarakan oleh Kelompok KKN 126 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Desa Slorok, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang pada tanggal 27 Juli 2019 yang bertempat di Balai Desa Slorok ini dihadiri oleh karang taruna dan perangkat Desa Slorok.

Acara ngobrol santai ini mendatangkan “Hotbottles Recycle Company” dengan Mohammad Taufiq Shaleh Saguanto sebagai pemateri sekaligus owner dari Hotbottles Recycle Company.

Hotbottles Recycle Company sendiri sudah berdiri sejak tahun tahun 2000 dimana pada saat itu Mohammad Taufiq Shaleh Saguanto masih berstatus sebagai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Hotbottles Recycle Company merupakan usaha start up yang memanfaatkan botol-botol bekas menjadi mainan dengan modal 0 rupiah.

Saat ini, Hotbottles Recycle Company sendiri sudah memiliki Museum kreasi botol pertama di Kota Malang yang berlokasi di Pondok Wisata B Walk, Dau, Malang.

Kelompok KKN 126 berinisiatif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan para pemuda-pemudi dan perangkat Desa Slorok agar dapat memanfaatkan hal-hal terdekat mereka sebagai lahan dan peluang usaha yang menguntungkan dengan ide-ide sederhana.

“Dalam acara ngobrol santai ini, dijelaskan bahwa start up tidak selalu butuh modal usaha, disebutkan bahwa untuk memulai start up cukup dari hal sederhana yang sangat dekat dengan kita,” ungkap owner dari Hotbottles Recycle Company saat memberikan materinya.

Dengan adanya acara santai ini, diharapkan adanya kesadaran dari masyarakat Desa Slorok khususnya pemuda-pemudi untuk memanfaatkan hal-hal sederhana yang ada di Desa Slorok untuk dijadikan sebagai peluang usaha dan bisnis.

Tujuan dari adanya acara ngobrol santai ini yaitu untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda-pemudi milenial di Desa Slorok tanpa harus menggunakan modal. Kelompok KKN 126 menginisiasi adanya acara ngobrol santai ini atas kurangnya usaha kreatif maupun start up di Desa Slorok ini.

Selama acara berlangsung, para hadirin tampak antusias dengan berbagai bentuk pertanyaan, Balai Desa Slorok terlihat penuh dengan kehadiran pemuda-pemudi yang didominasi pemuda Karang Taruna Desa Slorok.

“Harapan kami, Kelompok KKN 126 sebagai pihak penyelenggara mengharapkan tumbuhnya benih wirausahawan dan menjadikan Desa Slorok sebagai Desa Wirausaha kedepannya,” ungkap ketua pelaksana, Faruq.

Penulis: Tim KKN 126 UMM
Editor : Bang End

Sumber: https://malangtoday.net/malang-raya/pendidikan/kkn-126-umm-dan-hotbottles-company-gali-potensi-slorok-menjadi-desa-wirausaha/
Shared: