Menteri Susi Harapkan Peran Mahasiswa dan Universitas Kenalkan Kemaritiman

Author : Administrator | Kamis, 10 Agustus 2017 15:01 WIB | Malang Post - Malang Post

UMM dalam Berita Koran Online

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Dr (HC) Susi Pudjiastuti berikan orasi ilmiah pada prosesi wisuda Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di UMM Dome, Sabtu (25/02/2017).

Dalam orasi ilmiah tersebut, Susi menekankan pada perkembangan dunia kelautan dan perikanan Indonesia yang sudah sangat membaik dari sebelumnya.

Contohnya saja perusahaan modal asing yang dulunya 100 persen boleh masuk ke bidang industri penangkapan ikan dan hanya 50 persen dalam bidang pengolahan, kini hanya boleh masuk ke dalam bidang penangkapan ikan sebanyak 50 persen saja.

"Saat ini penangkapan ikan oleh perusahaan asing sangat kami batasi, sementara Indonesia membutuhkan pabrik dan teknologi perusahaan pengolahan ikan," ujar Susi.

Industri penangkapan ikan sekarang ini difokuskan untuk perusahaan modal dalam negeri.

Karena hal itu, kelautan dan perikanan menjadi satu-satunya sumber daya alam yang difokuskan untuk pengusaha dalam negeri.

"Ini merupakan kemenangan luar biasa," lanjutnya di depan para wisudawan UMM.

Laut, tuturnya, akan menjadi masa depan bangsa dengan dijaganya program Kementerian Kelautan dan Perikanan yang meliputi kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan perikanan.

Susi berharap mahasiswa dan lulusan bisa membantu mengenalkan kemaritiman di tingkat fakultas hingga universitas untuk membangkitkan kesadaran kemaritiman secara masif.

"Karena kelautan dan perikanan memiliki value yang tinggi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Susi juga menandatangani kerja sama dengan UMM dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com/2017/02/25/menteri-susi-harapkan-peran-mahasiswa-dan-universitas-kenalkan-kemaritiman
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image