Universitas Muhammadiyah Malang Tebar Beasiswa buat Kader

Author : Administrator | Sabtu, 14 Maret 2015 11:28 WIB | Koran Tempo - Koran Tempo
Universitas Muhammadiyah Malang Tebar Beasiswa buat Kader

Universitas Muhammadiyah Malang. TEMPO/Abdi Purmono

TEMPO.CO, Malang - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan beasiswa bagi siswa yang bersekolah di sekolah menengah atas sederajat milik Muhammadiyah. Diberikan potongan khusus bagi para kader Muhammadiyah yang akan melanjutkan kuliah. "Ada beasiswa, potongan dana pengembangan pendidikan hingga 50 persen," kata Rektor Muhadjir Efendi, Jumat, 13 Maret 2015.

Potongan biaya pendidikan tersebut diberikan untuk semua program studi. Beasiswa diberikan sebagai bentuk komitmen UMM dalam dakwah pada bidang pendidikan. Melalui penyaluran beasiswa itu, diharapkan makin banyak keluarga besar Muhammadiyah yang melanjutkan belajar di perguruan tinggi.

"Terutama melanjutkan di perguruan tinggi berkualitas," katanya. Untuk itu, sekolah yang berada di bawah pengelolaan Muhammadiyah bisa menyiapkan siswa untuk mengikuti seleksi masuk UMM. Tujuannya agar para kader Muhammadiyah bisa lolos seleksi ujian masuk.

Selain beasiswa untuk kader, alumni UMM juga memberikan beasiswa bagi yatim piatu dan kader ulama. Syaratnya, yatim piatu dan kader ulama harus mendapat rekomendasi dari pimpinan daerah Muhammadiyah asal calon mahasiswa. Tersedia Program Pendidikan Ulama Tarjih yang akan memberikan beasiswa penuh kepada mereka. Atau bebas biaya selama studi, baik SPP maupun DPP.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru UMM Ermanu Azizul Hakim menjelaskan panitia akan memberikan informasi syarat bagi penerima beasiswa lebih lanjut. Sedangkan program pendidikan tarjih dibuka dua tahun sekali khusus untuk jurusan Syariah dan Tarbiyah. "UMM juga memberikan potongan DPP bagi calon mahasiswa yang memiliki saudara kandung di UMM," katanya.

Selain itu, bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur undangan berkesempatan bebas SPP semester pertama. Syaratnya, nilai rapor rata-rata minimal 75. Selain itu, tersedia jalur minat dan bakat bagi calon mahasiswa yang berprestasi pada bidang olahraga, seni, karya ilmiah, atau keagamaan minimal di tingkat kota atau kabupaten yang dibuktikan dengan piagam penghargaan atau sertifikat.

Setelah menjalani perkuliahan, tersedia juga beragam beasiswa. Antara lain beasiswa yayasan Supersemar, BBM, PPA, Djarum Bakti Pendidikan, serta pertukaran mahasiswa ke Eropa dan negara lain.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2015/03/14/079649915/Universitas-Muhammadiyah-Malang-Tebar-Beasiswa-buat-Kader
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image