Dubes Norwegia Jadi Ambassador Lecture di UMM

Author : Administrator | Kamis, 11 Februari 2016 13:50 WIB | Koran Tempo - Koran Tempo

UMM dalam Berita Koran Online

Dubes Norwegia Jadi Ambassador Lecture di UMM
 
 
Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, H.E. Stig Traavik, menjadi narasumber pertama Ambassador Lecture di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu, 10 Februari 2016. dok/umm.ac.id KOMUNIKA ONLINE

KOMUNIKAJakarta - Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, H.E. Stig Traavik, menjadi narasumber pertama Ambassador Lecture di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu, 10 Februari 2016. 

Rektor UMM, Fauzan, mendorong agar acara ini dijadikan tradisi akademik baru di UMM, yakni dengan menghadirkan Dubes dari berbagai negara. “Sebelumnya, kuliah tamu oleh Dubes sudah sering digelar di kampus ini, kali ini saya minta ini dijadikan sebagai agenda rutin,” papar Fauzan.

Dalam pemaparannya, Stig yang telah menjadi dubes di Indonesia sejak 2012 ini banyak bercerita tentang kemitraan Indonesia-Norwegia. “Indonesia dan Norwegia punya hubungan baik. Indonesia banyak mengekspor tekstil, olahan makanan, bahkan sepeda,” ujarnya.

Selain barang, kerjasama yang intens antara Indonesia dan Norwegia juga dalam bidang iklim dan hutan, teknologi pertambangan, dan hak asasi manusia. “Berbeda dengan Norwegia, Indonesia ini mayoritas muslim dengan banyak suku budaya, namun mempunyai toleransi tinggi. Di Norwegia ini sangat homogen. Tapi meskipun saya muslim, tidak ada masalah mengenai toleransi disana,” tutur Stig.

Asisten Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri UMM, Soeparto, berharap Ambassador Lecture ini dapat membuka visi mahasiswa UMM menuju visi Internasional. Selain kuliah tamu, UMM dan Norwegia sebelumnya sudah menjalin kerjasama dengan mengadakan pelatihan tentang syariah dan hak asasi manusia melalui Pusat Studi Agama dan Multikultural (Pusam) UMM.

“Kami harap, Norwegia bisa menjadi tujuan studi mahasiswa UMM yang mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus. Selama ini kan tujuan studinya ke negara lain di Eropa selain Norwegia. Mungkin dengan dukungan dan rekomendasi dari Dubes, kelak mahasiswa kita bisa berangkat ke Norwegia,” harap Soeparto.

Sumber: https://www.tempo.co/read/news/2016/02/11/273744008/dubes-norwegia-jadi-ambassador-lecture-di-umm
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image