Universitas Muhammadiyah Aceh Seminarkan 10 Tahun Tsunami Aceh

Author : Administrator | Kamis, 11 Desember 2014 11:34 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan

UMM dalam Berita Koran Online

aa seminar 10 thn tsunami

Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang, menggelar seminar internasional tentang tsunami. Kegiatan itu dipusatkan di Grand Aceh Hotel II, Lamdom, Aceh Besar, 11-12 Desember 2014. Seminar itu bertajuk “Call for Papers Recovery and Resileincy Tsunami Aceh Based on Any Perspective”.

Dekan Fakultas Psikologi Unmuha Aceh, Barmawi MSi, selaku ketua panitia seminar, kepada Serambi, Kamis (11/12) menyebutkan, seminar tersebut bertujuan memberi pemahaman kepada masyarakat Aceh khususnya, tentang berbagai riset yang telah dilakukan oleh pihak luar tentang tsunami di Aceh.

“Banyak hal yang harus kita pelajari dari tsunami, bukan hanya persoalan kesedihan saja, tapi ada berbagai ilmu bencana yang bisa kita kaji dari kejadian tersebut,” kata Barmawi didampingi Dr Ramli Gadeng MPd, Ketua LPPMP Unmuha.

Dalam seminar itu, sejumlah pemakalah akan mengisi materi tentang beberapa aspek kajian hasil riset tsunami 2004 silam. Aspek tersebut meliputi bidang psikologi, sosial budaya, pemulihan trauma, penggulanagan bancana, dan beberapa bidang terkait lainnya yang dinaggap penting untuk diketahui masyarakat Aceh.

Pemateri yang dihadirkan dalam seminar itu berasal dari Universiti Sain Malaysia (USM), Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Unsyiah, UIN Ar-Raniry, dan Unmuha. “Hasil kajian ini juga akan dipublis menjadi sebuah jurnal nantinya,” ujar Barmawi.

Barmawi menyebutkan, seminar atau pertemuan ilmiah itu ke depan akan digilir di beberapa negara. Untuk kali ini, Aceh mendapat kehormatan karena terkait hasil riset tsunami dan juga bertepatan dengan peringatan 10 tahun tsunami Aceh. Seminar tersebut diikuti 140 peserta.(sb)

Sumber: http://majelisdiktimuhammadiyah.org/universitas-muhammadiyah-aceh-seminarkan-10-tahun-tsunami-aceh/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image