Kak Seto: Kekerasan Anak Fenomena Gunung Es

Author : Administrator | Kamis, 12 Maret 2015 10:23 WIB | Koran Pendidikan - Koran Pendidikan

UMM dalam Berita Koran Online

MALANG- Berita penganiayaan ayah terhadap anak hingga meninggal yang menggegerkan Kota Malang beberapa waktu lalu menjadi keprihatinan tersendiri bagi pemerhati anak, Seto Mulyadi. Hal ini ia sampaikan saat memberikan materi Parenting yang digelar Gerakan Pramuka Kwarda Jatim di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dome, Rabu (11/3).

“Ini hanya sebagian kasus yang muncul di permukaan. Sebenarnya kasus kekerasan terhadap anak di Indonesia sangat banyak. Data selama ini dari tahun ke tahun tidak lebih dari 3.000 kasus. Namun sesungguhnya lebih dari itu karena seperti fenomena gunung es,” ucap Kak Seto, sapaan akrabnya.

Bila dibandingkan dengan kekerasan anak di Inggris jumlahnya memang sangat jauh yakni mencapai 300 ribu kasus. Hal ini menurutnya karena kesadaran orang di sana untuk melapor cukup tinggi. Sedangkan di Indonesia, masih banyak ketakutan dari masyarakat, terlebih bila kasusnya adalah pelecehan seksual masih dianggap tabu. Belum lagi anak-anak mudah dibujuk dan ditakut-takuti. Karena itu ia berpesan agar orang tua lebih peduli terhadap anak.

Sumber: http://headline.koranpendidikan.com/view/6090/kak-seto-kekerasan-anak-fenomena-gunung-es.html
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image