Menularkan Semangat Wirausaha

Author : Administrator | Kamis, 10 Agustus 2017 14:40 WIB | Kompas - Kompas

UMM dalam Berita Koran Online

Muhammad Aripin tidak ingin anak-anak dari keluarga miskin, putus sekolah, korban perceraian orangtua, dan korban narkoba kehilangan masa depan. Ia pun merangkul mereka dan menularkan semangat untuk terjun ke dunia wirausaha."Ada 85 anak yang saya bina secara khusus untuk menjadi wirausaha kreatif, mulai dari jenjang SD hingga perguruan tinggi," kata Aripin saat ditemui di ruang pamer sekaligus Sekretariat Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar di Jalan Sutoyo S, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pertengahan Februari lalu.

Menurut Aripin, Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar yang didirikannya pada 2014 memang dikhususkan untuk mengajari dan membekali anak-anak dari keluarga prasejahtera dengan berbagai keterampilan. Anak-anak dilatih membuat barang-barang bernilai ekonomi dengan memanfaatkan barang bekas atau limbah.

Drum bekas, misalnya, disulap menjadi kursi tamu. Ban mobil bekas dijadikan sofa, handuk bekas dicampur adonan semen dan lem dijadikan vas bunga, kayu limbah dijadikan meja ataupun rak hias, dan masih banyak lagi kreasi lain.

"Berbagai produk yang kami produksi mungkin sulit ditemukan di pasaran karena didesain secara unik dan dimodifikasi sedemikian rupa," katanya.

Ide kreatif untuk menghasilkan produk-produk itu, lanjut Aripin, sering kali muncul secara spontan. Namun, tak jarang pula ide diperoleh dari ATM alias "amati, tiru, modifikasi". "Dengan modifikasi, produk yang dihasilkan dipastikan tidak akan sama dengan produk yang ditiru," ujarnya.

Amanah orangtua

Aripin mengatakan, Rumah Kreatif dan Pintar merupakan rumah singgah bagi anak-anak yang tertinggal dari segi ekonomi, pendidikan, dan sosial. Anak-anak dari keluarga dengan kondisi yang memprihatinkan itu sengaja dirangkul, didorong, dan diarahkan untuk menjadi wirausaha kreatif serta berpendidikan tinggi.

"Saya ingin mereka sukses dan memiliki masa depan yang lebih baik," ucapnya.

Sumber: http://print.kompas.com/baca/sosok/2017/04/01/Menularkan-Semangat-Wirausaha
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image