Mendikbud Buka Indonesia International Book Fair 2016, Malaysia Jadi Tamu Kehormatan

Author : Administrator | Rabu, 28 September 2016 13:10 WIB | Detik News - Detik News

Andhika Prasetia, - detikNews

Foto: Mendikbud Muhadjir di pembukaan IIBF 2016

Jakarta - Mendikbud Muhadjir Effendy membuka Indonesia International Book Fair (IIBF) 2016. Menteri Pendidikan Malaysia Dato Seri Mahdzir Khalid hadir sebagai tamu kehormatan.

Acara digelar di Ruang Merak, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2016). Dalam sambutannya, Muhadjir berterima kasih kepada Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) atas terselenggaranya IIBF 2016 ini.

"Sudah menjadi tanggung jawab kami, mendukung kegiatan di sektor perbukuan, perlu bekerjasama dengan berbagai pihak dengan sungguh-sungguh, karena akar rumput dari dunia literasi adalah para pembaca," ujar Muhadjir.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mengingatkan minat baca merupakan sesuatu yang lebih penting ketimbang jumlah buku yang tersedia. Biarpun ada banyak buku, namun apabila minat baca rendah, tetap saja buku tersebut tidak terbaca.
 

"Begitu juga sebaliknya, biar banyak pembaca jika tak ada buku juga sama saja. Dan itulah yang akan kita galakkan, karena kita rendah sekali tingkat literasinya. Berdasarkan data terakhir, bahwa minat baca kita itu terlambat 5 tahun," ujar Muhadjir.

Menteri Pendidikan Malaysia Dato Mahdzir yang juga memberikan sambutan dalam kesempatan ini menyatakan dirinya merasa terhormat diundang dalam acara ini. Dia berharap keberadaan dan kerjasama dengan pemerintah Indonesia bisa memberikan imbas positif terhadap peningkatan minat baca.

"Sebagai negara serumpun kedua neara memiliki hubungan yang sangat erat. Dalam sebuah buku yang berjudul The Politics of Indonesian-Malaysian Relations, hubungan antara kedua negara ini bagaikan hubungan serumpun, hubungan Abang-Adik, dan hubungan suka dan duka. Persamaan budaya antara kedua negara hampir terasa di semua daerah. Hikayat-hikayat lama menceritakan suatu kawasan Melayu, meliputi Malaysia dan sebagian Indonesia," kata Mahdzir. 

Sumber: http://news.detik.com/berita/3308760/mendikbud-buka-indonesia-international-book-fair-2016-malaysia-jadi-tamu-kehormatan
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image