Kampus di Malang ini Gelar Nobar dan Salat Gerhana

Author : Administrator | Rabu, 09 Maret 2016 03:49 WIB | Detik News - Detik News
Kampus di Malang ini Gelar Nobar dan Salat GerhanaFoto: Okta Wiguna
Jakarta - Malang akan dilintasi gerhana matahari parsial pada hari ini, Rabu (9/3/2016). Matahari di langit Malang akan tertutup sekitar 83 persen oleh bulan.

Menyambut gerhana ini, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar salat gerhana berjamaah pada 06.30 WIB. Acara dilanjutkan dengan nonton bareng gerhana.

"Salat gerhana matahari ini untuk mensyukuri kuasa Ilahi dan melaksanakan sunah Nabi," kata Ketua Prodi Ahwal Al-Syakhsyiyah Fakultas Agama Islam UMM, Idaul Hasanah. Ia juga berharap gerhana matahari bisa jadi momen pengembangan ilmu pengetahuan.

UMM sudah menyiapkan alat astrofotografi untuk mengamati gerhana. Gambar dari alat ini akan ditembakkan ke layar proyektor besar di dalam masjid kampus. Pengamatan gerhana akan dipandu tim rukyat dan astrofotografi dari Program Studi Ahwal Al-Syakhsyiyah UMM.

Selain di kampus UMM, pengamatan gerhana yang terbuka untuk umum di Malang juga diadakan di Masjid Agung Baiturahman Karangkates. Kepala Geofisika BMKG Karangkates Musripan akan memimpin pengamatan yang hasilnya akan jadi bagian live streaming yang disiarkan di situs BMKG dan detikcom mulai pukul 06.30 WIB.

Musripan berharap hari ini cuaca akan cerah. "Kami agak kesulitan di sini karena biasanya hujan setiap hari," ujarnya.

Menyaksikan gerhana matahari total dan parsial pada 9 Maret 2016? Kirim foto jepretan Anda ke ke redaksi@detik.com disertai nama dan nomor kontak atau ke pasangmata.com. 
Sumber: http://news.detik.com/berita/3160712/kampus-di-malang-ini-gelar-nobar-dan-salat-gerhana
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared: