koran berita
Indonesia English Arabic
Media Indonesia

Rektor UMM Kandidat Kuat Ketua Muhammadiyah Jatim

Minggu, 19 September 2010  | 10:50 WIB | Dibaca : 731

SURABAYA--MI:Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr. Muhadjir Effendy, M.AP, menjadi salah satu kandidat terkuat Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur periode lima tahun mendatang.

Sekretaris PWM Jatim Nadjib Hamid, Minggu (19/9), mengatakan, nama Muhadjir menjadi kandidat terkuat dibandingkan puluhan calon lainnya dalam agenda musyawarah wilayah Muhammadiyah Jatim, 9-10 Oktober mendatang di Universitas Muhammadiyah Jember.

"Nama Muhadjir Effendy menjadi salah satu kandidat terkuat untuk mengisi jabatan Ketua PWM Jatim mendatang," ujarnya.

Selain Muhadjir, nama lain yang juga menjadi kandidat kuat, yakni Prof. Imam Roebandi, Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, sekaligus Ketua Majelis Pendidikan dan Menengah PWM Jatim. Di samping itu nama Bendahara PWM Jatim Nurcholis Huda juga dipastikan maju menjadi pengganti Syafiq A. Mughni yang terpilih menjadi salah satu Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2010-2015.

Nadjib mengatakan, sejumlah nama baru di antaranya Ahmad Zainuri, Muamal Hamidi dan Tohir Luth juga dipastikan bersaing menjadi orang nomor satu di organisasi islam berusia seabad tersebut.

"Masih banyak nama calon ketua lainnya yang ikut meramaikan bursa ketua. Siapa saja kader Muhammadiyah yang memenuhi syarat, berhak memilih dan dipilih dalam muswil mendatang," jelas Nadjib yang juga ketua panitia pemilihan muswil 14 PWM Jatim itu.

Ia menjelaskan, ada 57 unsur yang berhak mengajukan 13 nama untuk pengurus baru. Unsur yang berhak mengajukan calon adalah 12 anggota PWM, cabang Muhammadiyah yang tersebar di 38 kabupaten/kota plus tujuh organisasi otonom Muhammadiyah.

Nama yang diusulkan menjadi kandidat ketua PWM Jatim, kata dia, harus pernah menjadi pengurus PWM, pengurus daerah, pengurus organisasi otonom atau pengurus majelis minimal satu periode.

Kandidat juga diperbolehkan mengusulkan dirinya sendiri untuk dipilih menjadi ketua. "Jadi tidak mungkin ada calon ketua dadakan," tutur pria yang juga anggota KPU Jatim tersebut.

Saat ini, proses muswil berada pada penetapan daftar pemilih tetap yang jumlahnya diprediksi lebih dari 1.250 orang. Mereka ini yang memiliki hak untuk melakukan 'voting' secara elektronik untuk mengerucutkan nama menjadi 13 orang saja. (Ant/rj/x-11)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/09/19/169409/125/101/Rektor-UMM-Kandidat-Kuat-Ketua-Muhammadiyah-Jatim