Karya Seni untuk Sinabung

Author : Administrator | Thursday, November 10, 2016 | -

(Analisa/ferdy) PEDULI SINABUNG: Panitia memberikan penjelasan tentang foto dan lukisan yang dipamerkan kepada salah seorang pengunjung pada Pameran Lukisan dan Fotografi 'Seniman Peduli Sinabung' di Medan, Selasa (8/11). Sebanyak 18 pekarya lukisan dan foto menampilkan karya mereka dan hasil penjulan nantinya disumbangkan bagi para pengungsi.

Medan, (Analisa). Sebanyak 18 seniman lukis dan foto­gra­fer Sumatera Utara (Sumut) menggelar be­ragam karya seninya selama 17 hari di Pameran Lukisan dan Fotografi Seniman Peduli Sinabung untuk Kemanusiaan, Se­lasa (8/11) di Uniland Plaza Medan. Pa­meran sekaligus penjualan karya tersebut di­selenggarakan Simpaian Seniman Seni Rupa Indonesia (Simpassri), yang turut dibuka sejumlah tokoh Sumut, di antaranya Bupati Karo Terkelin Brahmana,Guru Besar Antropologi Prof. Usman Pelly, para to­koh seni rupa dan fotografi, serta beberapa jajaran SKPD di Sumut.

Selama 8-25 November 2016, karya lu­kisan dan fotografi dengan tema yang cu­kup humanis dipajang di setiap sudut.

Tam­pak sejumlah penikmat karya seni antusias me­lihat hasil tangan seniman lukisan dan fo­tografi asal Sumut. Bahkan, karya pelukis asal Tanah Karo juga menjadi sorotan. Karena lukisannya mampu meng­angkat kondisi area Gunung Sinabung de­ngan ‘goresan’ yang sangat apik mes­ki­pun de­ngan keterbatasan fisik.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, usai pem­bukaan turut berharap para seniman di Sumut terus berkarya, khususnya untuk kegiatan sosial. “Pelukis diharapkan terus berkegiatan untuk Sumut. Pemerintah Karo juga sangat antusias dengan kegiatan ini. Namun, hal seperti ini kita harapkan tidak hanya dari pemerintah kabupaten (pemkab) saja, juga berbagai pihak ikut berperan dalam permasalahan Sinabung,” jelasnya.

18 pelukis dan seniman foto memamer­kan beragam lukisan tematiknya. Pelukis yang berpartisipasi di antaranya Rasinta Ta­rigan, Sayang Bangun, Nazwir Nazar, Fuad Erdansyah, Suhendra, Teradim Sitepu, M. Yatim Mustafa, Oloan Situmorang, Pan­ji Sutrisno, Soenoto HS, Fitri Evita, Reins Asmara, Hareanto Pasaribu, Popi Andri Harahap dan Achy Aswana.

Dua fotografer Su­mut yakni Ferdy Siregar dan Gilbert M­anullang, turut berperan, memajang karya-karya fotonya. Karya foto tersebut khusus dipamerkan dengan mengangkat sudut penting terhadap peristiwa yang terjadi selama gejolak alam Gunung Sinabung.

Ferdy Siregar berharap, hasil penjualan lu­kisan dan karya foto dapat membantu kon­disi masyarakat di sekitar area Gunung Si­nabung.

“Kami berpartisipasi mengingat hasil penjualan akan didonasikan pada kor­ban/pengungsi di sekitar Gunung Sinabung. Ka­rena itu, harapan kami, karya seni ter­sebut dapat terjual dan bisa membantu ma­syarakat di sana,” jelasnya. (st)

Harvested from: http://harian.analisadaily.com/kota/news/karya-seni-untuk-sinabung/267971/2016/11/10
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1