Solidaritas untuk Persebaya Bergelora di Seluruh Indonesia

Author : Administrator | Monday, November 14, 2016 | -
Vetriciawizach, CNN Indonesia
Persebaya Surabaya hingga saat ini belum diakui kembali oleh PSSI sebagai anggota. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi solidaritas untuk Persebaya Surabaya mengalir dari seluruh tribune stadion di Indonesia pada akhir pekan ini. Kelompok-kelompok fans klub Indonesia menggunakan spanduk dan poster untuk menunjukkan dukungan pada kesebelasan yang dijuluki 'Bajul  Ijo' tersebut. 

Salah satunya di tribune Makassar ketika PSM bertanding melawan Madura United. Spanduk besar "Kami #BelaPersebaya " tegak berdiri di atas tribun. 

Aksi solidaritas dukung Persebaya dari para pendukung PSM Makassar.
Aksi solidaritas dukung Persebaya dari para pendukung PSM Makassar. Foto: Twitter @Maczman_Ori


Hal sama juga terjadi di Jawa Tengah. Kelompok suporter garis keras klub PSS Sleman, Brigata Curva Sud, melakukan aksi boikot di luar stadion Singaperbangsa dalam laga melawan Persita, sementara Persis Solo menggelar aksi dukungan di acara Car Free Day, Minggu (13/11). 

Dari Jawa Barat, kesebelasan Persib Bandung juga menunjukkan simpati dengan menyanyikan lagu 'Persebaya Kau Takkan Sendirian' dan membentangkan spanduk 'Save Persebaya 1927' ketika mereka sedang menjamu Persipura Jayapura, Sabtu (12/11).

Sementara klub pendukung Madura United, K-Conk Mania, memboikot laga Madura United hingga Indonesian Soccer Championship berakhir. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil rapat kepengurusan K-Conk Mania pada Jumat (11/11) malam.

Dalam pantauan CNN Indonesia, suporter klub-klub lain yang juga melakukan aksi dukung Persebaya adalah Persita Tangerang, Persatu Tuban, Persibo Bojonegoro, Persegres Gresik United, Semen Padang, PSPS Pekanbaru, dan PPSM Magelang.

Aksi solidaritas ini muncul setelah Kongres PSSI pada 10 November membatalkan agenda pengesahan status klub Persebaya dan tiga klub lainnya yaitu Arema Indonesia, Persiwangi Banyuwangi, dan Lampung FC. 

Total 84 pemegang hak suara menolak pembahasan agenda tersebut, sementara 10 setuju, dan lima abstain.

Sebelumnya, pengesahan status Persebaya dan klub lainnya telah ditetapkan di rapat Komite Eksekutif PSSI (Exco) di Solo pada awal September silam.

Exco memutuskan Persebaya diterima kembali sebagai anggota PSSI dan akan mulai berkompetisi di Divisi Utama. Namun, pengesahan harus ditetapkan di Kongres.

Bonek menuntut PSSI menghargai keputusan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya memenangkan gugatan Persebaya yang berada di bawah naungan PT Persebaya Indonesia atas logo dan merek klub Persebaya.

Dalam beberapa tahun terakhir merek dan logo tersebut digunakan Persebaya yang dikelola PT Mitra Muda Inti Berlian (MMIB). Persebaya MMIB kini telah berganti nama menjadi Bhayangkara Surabaya United setelah merger dengan PS Polri. (bac)

 
Harvested from: http://www.cnnindonesia.com/olahraga/20161114094350-142-172431/solidaritas-untuk-persebaya-bergelora-di-seluruh-indonesia/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1