Messi Kembalikan Muruah Argentina

Author : Administrator | Thursday, November 17, 2016 | Media Indonesia -

Penulis: Nurul Fadillah

Grafis/Duta

TAK pernah menang dalam empat laga terakhir nasib tim nasional Argen­tina bak berada di ujung tanduk di Kualifikasi Piala Duni­a 2018 Zona Amerika Selatan (Conmebol). Namun, Lionel Messi mengembalikan muruah Argentina ketika membantu tim menekuk Kolombia 3-0, kemarin.

El Messiah menyumbang satu gol dan dua assist dalam laga ke-12 kualifikasi yang digelar di Estadio San Juan del Bicentenario, Argentina, tersebut. Tepat di menit ke-10 menit, ia merobek jala David Ospina lewat tendangan bebas dari dekat kotak penalti.

Aksi La Pulga tak berhenti di situ. Anak emas Barcelona itu mencip­takan dua umpan yang dapat dituntaskan dengan baik oleh Lucas Pratto (23’) dan Angel Di Maria (84’). Dengan kemenangan itu, La Albiceleste kembali ke zona lolos menuju Rusia 2018, yakni posisi kelima.

Meski belum kembali ke zona lolos otomatis (empat besar), pelatih Argentina, Edgardo Bauza, merasa bangga dengan kemenangan timnya. Setidaknya, poin penuh yang mereka dapatkan kali ini mampu mengembalikan mereka ke jalur yang tepat.

“Para pemain ini selalu menginginkan kemenangan dan itu menjadi tujuan utama mereka selama bermain,” ujar Bauza.

Sayangnya, kemenangan itu diwarnai dengan silenzio stampa alias mogok bicara kepada media yang dilakukan Messi dkk.

Aksi itu mereka lakukan sebagai bentuk solidaritas atas tuduhan pers Argentina yang menuduh striker Ezequiel Lavezzi mengisap marijuana di kamp latihan. Lavezzi tidak berada dalam skuat kontra Kolombia, tapi ia menampik tuduhan itu.

“Kami tahu kami sering dikritik jika kalah, bahkan saat menang, tapi bermain buruk. Namun, tuduhan ini sudah sangat personal. Jika kami tidak bereaksi sekarang, hal-hal seperti ini akan terus terjadi,” semprot Messi.

Satu kaki
Pada laga Conmebol lainnya, Brasil melanjutkan tren positif mereka dengan meraih enam kemenangan secara beruntun. Kemarin, giliran Peru yang menjadi tumbal Seleccao dengan kekalahan telak 0-2 di kandang mereka, Estadio Nacional de Lima.

Tim tamu memecundangi tuan rumah melalui gol pembuka Gabrie­l Jesus di menit 58.

Peru yang tak bisa membalas gol itu kembali kebobol­an, kali ini melalui Renato Augusto di menit 78 yang sekaligus menggenapkan keunggalan juara dunia lima kali itu hingga peluit panjang.

Atas kemenangan itu, tim ‘Samba’ gagah di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 27 poin. Berdasarkan tradisi, poin aman untuk lolos dari Kualifikasi Zona Conmebol ialah 28 sehingga Brasil sudah mengamankan satu kaki di Rusia mengingat masih ada enam laga tersisa.

Langkah itu tidak diikuti Uruguay yang di laga ke-11 lalu hanya terpaut satu angka di bawah Brasil. Kemarin, skuat besutan Oscar Tabarez itu kalah 1-3 dari Cile meski sempat unggul duluan lewat gol Edinson Cavani. Partai itu juga diwarnai aksi heroik kiper Cile, Claudio Bravo, yang menggagalkan penalti Luis Suarez di menit ke-89.

Alexis Sanchez menjadi pahlawan dengan mencetak dua gol pembalik keadaan. Namun, turunnya striker berusia 27 tahun tersebut di laga itu mengundang kemarahan pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Sang juru taktik klub tempat Sanchez bermain itu menilai sang striker melakukan ‘bunuh diri’ karena mengambil risiko besar setelah ia menderita cedera hamstring dalam latihan, pekan lalu. (AFP/ESPN/R-4)

Harvested from: http://www.mediaindonesia.com/news/read/77810/messi-kembalikan-muruah-argentina/2016-11-17#
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1