'Liga Champion' Grup F Pantas Disebut Grup `Neraka`

Author : Administrator | Wednesday, November 27, 2013 09:45 WIB | -
Grup F Pantas Disebut Grup `Neraka`
Arsene Wenger, Jurgen Klopp dan Rafael Benitez (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta : Sampai titik darah penghabisan. Itulah kesimpulan yang paling pas untuk menggambarkan begitu panas dan ketatnya persaingan yang terjadi di babak penyisihan Grup F Liga Champions. Sampai usainya matchday kelima yang digelar serentak tadi malam, ketiga tim yang menempati peringkat pertama, kedua, dan ketiga klasemen sementara: Arsenal, Borussia Dortmund, dan Napoli, belum dipastikan melaju ke babak 16 besar!

Melihat klasemen sementara (lihat tabel berikut), tentunya tak sedikit yang mengernyitkan alis melihat posisi The Gunners yang menduduki peringkat pertama dengan mengumpulkan 12 poin belum aman 100 persen. Pun demikian dengan Die Borussen danPartenopei yang sama-sama telah mengoleksi 9 angka. Hal ini membuktikan Grup F memang grup "neraka".

Hal itu sangat kontras jika dibandingkan dengan lolosnya Chelsea dari Grup E meskipun baru memetik 9 poin. Sama halnya dengan nasib wakil Inggris lainnya, Manchester City yang sejak usainya matchdaykeempat tiga pekan lalu juga telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan raihan 9 angka. Wajar, jika publik bertanya, ada apa gerangan dengan Grup F.

Adalah kemenangan 3-1 yang dipetik Dortmund dari Napoli semalam yang membuat persaingan di grup ini berlangsung sampai pertandingan pamungkas yang rencananya digelar serentak pada 11 Desember mendatang. Andai laga kedua tim yang berlangsung di Signal Iduna Park berakhir imbang, maka dapat dipastikan Arsenal dan Napoli yang bakal lolos.

Nah, justru dengan kemenangan 3-1 itulah Dortmund berpeluang besar meraih tiket ke babak 16 besar. Sebabnya, terlepas dari hasil pertandingan antara Napoli dan Arsenal, guna memastikan diri lolos ke babak berikutnya, pasukan Jurgen Klopp tinggal mencari hasil imbang saat bertandang ke Stade Velodrome, markasnya Marseille, tim yang notabene telah tersingkir.

Beban berat kini disandang Partenopei. Skuat asuhan Rafael Benitez hanya mempunyai satu opsi guna meraih tiket ke babak knock-out—tanpa memikirkan hasil partai Marseille vs Dortmund—yaitu memetik kemenangan dari Arsenal dengan marjin lebih dari dua gol. Sebabnya, kekalahan 0-2 di pertemuan pertama membuat Napoli kalah head-to-head dari Arsenal. Andai menang dengan skor 2-0 (yang berartihead-to-head kedua tim imbang) Napoli tetap kalah selisih gol dan harus menunggu hasil laga Marseille vs Dortmund.

Bagaimana dengan Arsenal? Guna memastikan diri tampil sebagai juara grup sekaligus melaju ke babak 16 besar, Mesut Ozil dkk hanya membutuhkan hasil imbang saat menyambangi Napoli di Stadio San Paolo, Naples. Kekalahan 0-1 pun masih tetap meloloskan tim asuhan Arsene Wenger. Jika skor ini terjadi (Napoli unggul 1-0), maka Benitez pantas berharap Marseille mampu menahan imbang Dortmund.

Dari tabel di atas dapat pula dilihat jika kedua partai di matchday keenam Grup F sama-sama berakhir dengan hasil imbang, maka Arsenal dan Dortmund yang dipastikan melaju ke babak 16 besar dengan predikat juara dan runner-up grup. (*)

Harvested from: http://bola.liputan6.com/read/757611/grup-f-pantas-disebut-grup-neraka
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image