Kalahkan Wolfsburg, Muenchen ke Final DFB Pokal

Author : Administrator | Wednesday, April 17, 2013 10:07 WIB | -
Arjen Robben mencetak gol ke gawang Wolfsburg

MUENCHEN — Bayern Muenchen berhasil melangkah ke final DFB Pokal seusai membungkam VfL Wolfsburg 6-1 di Allianz Arena, Selasa atau Rabu (17/4/2013) dini hari WIB. Kemenangan Die Rooten tidak terlepas dari penampilan gemilang Mario Gomez yang menciptakan hattrick pada laga ini meskipun bermain sebagai pemain pengganti.

Di depan publiknya sendiri, Bayern tampil agresif semenjak menit-menit awal. Kerja keras Die Roten membuahkan hasil manis setelah Mario Mandzukic mencetak gol pada menit ke-17.

Berawal dari serangan balik, Xherdan Shaqiri memberikan umpan terobosan kepada Arjen Robben yang beroperasi di sayap kanan. Dengan cepat, Robben memberikan umpan mendatar kepada Mandzukic yang merangsek ke dalam kotak penalti lawan. Mandzukic yang berdiri dalam posisi tak terkawal melepaskan tembakan dengan kaki kanannya yang membuat bola bersarang ke tengah gawang Wolfsburg.

Mandzukic terlihat kesakitan seusai mencetak gol. Pemain asal Kroasia tersebut memang sempat mendapatkan tekel keras saat melapaskan tembakan. Meski begitu, Mandzukic masih bisa melanjutkan pertandingan.

Keunggulan Bayern nyaris sirna. Makoto Hasebe hampir mencetak gol balasan seusai memanfaatkan umpan Rodriguez pada menit ke-22. Beruntung tembakan keras Hasebe masih membentur Dante.

Setelah itu, The Bavarians kembali menekan kubu lawan. Tak butuh lama, publik Allianz Arena pun kembali bersorak menyambut gol Robben pada menit ke-35. Gol berawal dari umpan terobosan Shaqiri seusai  merebut bola dari kesalahan yang dilakukan pemain lawan. Robben kemudian langsung melepaskan tembakan yang gagal dihalau kiper Diego Benaglio.

Gol tersebut tak lantas menciutkan nyali Wolfsburg. Bahkan, Diego berhasil mencetak gol balasan. Tendangan kaki kanan yang dilepaskan Diego dari luar kotak penalti berhasil mendarat ke pojok kanan atas gawang Bayern yang dikawal Manuel Neuer.

Kerja sama antara Robben dan Shaqiri memang luar biasa. Terbukti, gol ketiga tim tuan rumah terjadi berkat kerja sama apik dari kedua pemain tersebut. Robben-lah yang membidani gol Shaqiri pada menit ke-50. Robben dengan jitu memberikan umpan akurat kepada Shaqiri yang berdiri di depan kotak penalti lawan. Shaqiri, dengan kaki kirinya, melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang ke pojok kanan bawah gawang Wolfsburg.

Pelatih Wolfsburg, Dietr Hecking, langsung melakukan perubahan yakni dengan memasukkan Bas Dost yang berposisi sebagai penyerang pada menit ke-63. Sepuluh menit kemudian, Hecking juga mengganti Olic dengan Patrick Helmes. Dari pergantian tersebut, Hecking  tampak jelas kurang puas dengan daya gedor pasukannya. Adapun di kubu Bayern, pelatih Jupp Heynckes sepertinya puas terhadap performa Robben dan Madzukic.  Kedua pemain tersebut digantikan oleh Rafinha dan Mario Gomez pada menit ke-77.

Heynckes pun tersenyum gembira seusai Gomez mencetak gol pada menit ke-80. Berawal dari serangan balik, Shaqiri berhasil menembus ke dalam kotak penalti lawan. Tinggal berhadapan dengan kiper Diego Benaglio, Shaqiri memberikan umpan kepada Gomez. Tanpa kesulitan, Gomez yang berdiri bebas berhasil menceploskan bola.

Berselang tiga menit kemudian, Gomez kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gomez yang lolos dari jebakan offside berhasil menguasai bola dari umpan terobosan Schweinsteiger. Tanpa ampun, pemain asal Jerman tersebut melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang ke sisi kiri gawang Wolfsburg. Gomez benar-benar luar biasa. Dia menciptakan hattrick melalui gol yang diciptakannya pada menit ke-86. Schewni kembali yang menjadi aktor penting di balik gol ketiga Gomez. Gol ini sekaligus memateraikan kemenangan Bayern 6-1.

Di babak final, Bayern akan berhadapan melawan Stuttgart atau SC Freiburg. Kedua tim baru melakoni laga semifinal, Rabu (17/4/2013).  

Susunan Pemain
Bayern Muenchen: 1-Manuel Neuer; 4-Dante, 5-Daniel van Buyten, 21-Philipp Lahm, 26-Diego Contento; 8-Javi Martínez, 10-Arjen Robben (Rafinha 74), 11-Xherdan Shaqiri, 25-Thomas Mueller (Luiz Gustavo Dias 63), 31-Bastian Schweinsteiger; 9-Mario Mandzukic (Mario Gomez 77).
Pelatih: Jupp Heynckes

VfL Wolfsburg: 1 -Diego Benaglio; 17-Alexander Madlung, 25-Naldo, 32-Fagner (Bas Dost 61), 34-Ricardo Rodriguez; 6-Slobodan Medojevic, 8-Vieirinha, 10-Diego, 13-Makoto Hasebe, 29-Jan Polak (Trasch 73); 11-Ivica Olic (Helmes 73)
Pelatih: Dieter Hecking

Harvested from: http://bola.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1