Indra Sjafri: Pemain Timnas U-19 Alami Demam Panggung

Author : Administrator | Saturday, February 08, 2014 09:38 WIB | VIVA News -
Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Pra PON DIY 

 

VIVAbola - Timnas Indonesia U-19 harus bersusah payah menaklukkan tim Pra PON DIY dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadiun Mandalakrida, Kota Yogyakarta, Jumat 7 Februari 2014. Sempat tertinggal 1-2 pada babak pertama, akhirnya Garuda Jaya bisa memenangkan laga dengan skor 3-2.

Tiga gol Timnas U-19 dicetak oleh Reza Pahlevi Sitorus (44'), Ryuji Utomo (84'), dan Septian David Maulana (87'). Sementara dua gol Pra PON DIY diborong oleh Martinus Novianto menit ke 19 dan 42.

Pelatih kepala Timnas U-19, Indra Sjafri mengatakan belum berkembangnya permainan timnya disebabkan masalah psikis pemain setelah hampir semua pemain yang tampil melawan PSS Sleman dan Persiba Bantul diistirahatkan.

"Beberapa pemain mengalami demam panggung karena baru tampil usai menjuarai Piala AFF 2013 lalu," kata Indra.

"Untuk mengatasi demam panggung, maka beberapa pemain harus diganti agar skill, taktik, spirit dan kecerdasan dapat dimunculkan kembali dalam pertandingan," lanjutnya.

Menurut Indra, membangun mental sangat penting, sebab keadaan psikis setiap pemain berbeda-beda. Ada yang cepat dalam menata diri dan ada yang perlu proses. Setiap pemain perlu mengalami berlaga dalam keadaan psikis tertekan, sehingga mempunyai pengalaman.

"Ini akan menjadi pengalaman bagi anak asuh saya karena bermain dengan penonton dan tanpa penonton akan sangat berbeda," ungkapnya.

Lebih lanjut Indra mengatakan saat tertinggal 0-2 oleh tim Pra PON DIY, dia menyampaikan kepada dokter psikologi Timnas U-19 untuk memperbaiki hal tersebut dan memberikan kekuatan mental.

"Hasilnya dapat terlihat pada babak kedua, berangsur-angsur mental mereka kembali pulih dan tidak lagi demam panggung," ucap Indra.

Kemenangan melawan Pra PON DIY menjadi kemenangan ketiga Evan Dimas cs dalam lawatan Tur Nusantara. Sebelumnya, Garuda Jaya sukses menaklukkan PSS Sleman 3-1 dan Persiba Bantul 2-0.

Harvested from: http://bola.viva.co.id
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1