Indra Sjafri Ajarkan Timnas U-19 Sepak Bola Sederhana

Author : Administrator | Thursday, February 06, 2014 09:28 WIB | Metro TV News -
MI/Rommy Pujianto/vg

 

Metrotvnews.com, Bantul: Pelatih Tim Nasional U-19 Indra Sjafri mengatakan akan terus mengajarkan permainan sepak bola kepada
anak-anak asuhannya dengan teknik yang sederhana agar mudah dicerna.

"Setiap uji coba harus ada target, target kita bagaimana menguasai bola, makanya saya ajarkan anak-anak sepak bola yang sederhana, logis, mudah diajarkan, mudah dicerna dan realistis," kata Indra saat jumpa pers usai pertandingan uji coba Timnas U-19 melawan Persiba Bantul, di Bantul, Rabu (5/2) malam.

Indra mengaku puas dengan permainan anak asuhannya melawan Persiba Bantul malam itu, karena berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. Sebelumnya timnas U-19 juga mengalahkan PSS Sleman 3-1 dalam uji coba Tur Nusantara tersebut.

"Kalau bermain sepak bola harus dengan bola, kalau ingin memenangkan pertandingan ya bagaimana harus bisa menguasai bola, ini selalu kami ajarkan, dan alhamdulillah pertandingan uji coba kedua ini bisa selesai dengan baik," katanya.

Meski begitu, kata dia, berdasarkan hasil evaluasi dari dua pertandingan uji coba, dirinya mengakui ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, di antaranya penyelesaian akhir dari pemain penyerang, dan pemain gelandang dalam menyesuaikan permainan.

"Masih ada pemain gelandang yang kurang cermat sepanjang pertandingan, misalnya kapan bermain pendek, kapan dia mengumpan, dia beberapa kali lupa, begitu orang menekan, dia tetap bermain-main pendek," katanya.

Indra Sjafri mengatakan dalam bermain sepak bola setiap pemain harus bisa bersikap natural dan cermat, kapan dia bermain pendek dan sebaliknya, serta bagaimana menghadapi permainan lawan maupun tekanan-tekanan, semacam itu menurutnya harus cermat.

"Kalau misalnya lawannya cepat, bagaimana menghadapi lawan cepat, kan butuh uji coba, nah ke depan ini yang perlu kami ajarkan, karena tipikal dari setiap lawan dan presure berbeda, dan kita coba bagaimana keluar dari tekanan itu," katanya.

Menurut dia, Tur Nusantara ini di samping uji coba para pemain, juga melihat pemain yang betul-betul menonjol, namun belum pernah dilihat dirinya, dan menurutnya siapapun pemain akan bisa masuk standar di tim nasional. (Ant)

Harvested from: www.metrotvnews.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1