Bursa Transfer Kembali Dibuka, Daratan Inggris Berpotensi Buat Kejutan

Author : Administrator | Thursday, January 02, 2014 09:08 WIB | VIVA News -
Akankah Arsenal kembali membuat kejutan di bursa transfer? (REUTERS/Eddy Keogh)

 

VIVAbola - Bursa transfer tengah musim alias musim dingin telah dibuka di awal Januari 2014 ini. Tentunya, ini akan menjadi kesempatan klub-klub Eropa untuk kembali berburu pemain incarannya. Apakah akan terjadi kejutan kembali?

Yang paling menarik perhatian tentunya bagaimana langkah raksasa-raksasa Inggris merekrut para pemain incaran. Arsenaldan Manchester United mungkin menjadi klub paling berhasrat dalam bursa transfer kali ini.

Baik Arsene Wenger dan David Moyes, secara terang-terangan sedang butuh amunisi baru di dalam skuad mereka. Hal itu tentu kontras dengan apa yang dialami oleh Manchester City danChelsea. The Citizens mengaku tidak akan melakukan aktivitas di bursa transfer kali ini. Sedangkan Chelsea, telah menyatakan tidak terlalu bernafsu membeli pemain anyar.

ManCity memang sudah seharusnya berhenti dalam berburu pemain. Mereka sukses mendatangkan beberapa pemain top seperti Jesus Navas, Fernandinho, Alvaro Negredo, dan Stevan Jovetic di bursa transfer musim panas kemarin.

Sedangkan Chelsea, jika dirunut dari kedalaman skuadnya, memang tidak perlu dilakukan perubahan besar-besaran. Mereka telah memiliki barisan gelandang dan pemain bertahan yang kualitasnya sangat baik.

Kebutuhan manajer Jose Mourinho saat ini adalah pemain yang berposisikan striker. Pasalnya, sektor itu kini menjadi masalah utama bagi Mourinho.

Hingga pekan ke-19 Liga Inggris, trio striker yang dimiliki Chelsea: Samuel Eto'o, Fernando Torres, dan Demba Ba, hanya mampu membukukan enam gol. Jumlah itu sangat jauh dibandingkan juru gedor milik Liverpool, Luis Suarez, dan penyerang ManCity, Sergio Aguero, yang sudah mencatatkan 19 serta 13 gol sejauh ini.

Chelsea juga menjadi tim kedua di posisi empat besar yang produktivitasnya paling minim. Mereka baru membobol gawang lawan sebanyak 35 kali saja dengan jumlah kemasukan 19 kali. Top scorer klub justru berposisikan sebagai gelandang. Dia adalah Eden Hazard yang sudah menyumbang 8 gol.

Sayangnya, Mourinho mengabaikan statistik itu. Dia justru sedang tertarik dengan pemain yang berposisikan sebagai gelandang. Chelsea saat ini dikait-kaitkan dengan gelandang kreatif Inter Milan, Fredy Guarin.

"Saya senang dengan kehadiran mereka (Eto'o, Torres, dan Ba). Saya tidak peduli dengan striker yang bisa mencetak 20, 25, atau 30 gol per musimnya," kata Mourinho seperti dilansir Sky Sports.

"Mereka telah memberikan kemampuan terbaiknya, saya cukup senang. Tidak akan ada striker baru yang dibeli pada Januari 2014 ini. Karena saya akan memaksimalkan striker-striker yang saya punya," sambung The Special One.

Beberapa striker sebenarnya sempat diisukan akan merapat ke Stamford Bridge. Mereka adalah Radamel Falcao (AS Monaco), Robert Lewandowski (Borussia Dortmund), Jackson Martinez (FC Porto), dan Diego Costa (Atletico Madrid). 

Kejutan di Tengah Musim?

Bursa transfer biasanya memberikan kejutan-kejutan menarik. Musim panas lalu, masih teringat dengan jelas bagaimana Mesut Oezil hengkang ke Arsenal di detik-detik terakhir bursa transfer.

Kabar itu spontan mengejutkan sepakbola Eropa dan menjadi buah bibir di seluruh surat kabar. Keputusan Real Madrid untuk melego Oezil, dinilai sebagai keputusan berani serta dianggap sebagai sebuah blunder.

Sebab, selama membela Madrid, Oezil menjadi nyawa permainan tim. Dia kerap kali memberikan umpan-umpan terarah yang memudahkan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema mencetak gol.

Pelatih Carlo Ancelotti justru lebih memilih untuk memaksimalkan potensi Gareth Bale yang dibeli dari Tottenham Hotspur dengan harga 100 juta euro. Dan dengan harga itu, Bale menjadi pemain termahal Madrid.

Namun, kenyataannya justru berbanding terbalik. Oezil tampil memukau bersama Arsenal di awal musim. The Owl mampu beradaptasi dengan cepat terhadap strategi dan taktik dari Wenger. 

Kondisi terbalik justru dialami Bale. Di awal musim The Road Runner justru kesulitan menunjukkan performa terbaiknya. Baru dalam beberapa pertandingan belakangan ini, Bale sukses menunjukkan performa gemilang bersama Madrid.

Itulah kejutan-kejutan yang terjadi di bursa transfer musim panas lalu. Bagaimana dengan edisi yang sekarang? Banyak pemain-pemain bintang yang dihubung-hubungkan dengan beberapa klub elite meski mereka baru saja pindah di musim panas lalu.

Paling menarik adalah isu yang menyelimuti Radamel Falcao dan Erik Lamela. Dua pemain ini baru saja pindah dari klub lamanya di awal musim 2013/14. Falcao pindah dari Atletico ke AS Monaco, sedangkan Lamela ditransfer Spurs dari AS Roma.

Tapi, keduanya justru santer diberitakan akan hengkang lagi di Januari 2014 ini. Falcao yang sempat bermasalah dengan pajak penghasilannya di Prancis digosipkan akan pindah keChelsea atau Madrid. Lalu, Lamela menjadi incaran Inter Milan.

Untuk Falcao, peluangnya pindah ke Chelsea di tengah musim ini terbilang cukup kecil karena Mourinho telah menegaskan tidak ingin membeli striker baru. Kondisi itu justru membuka peluang bagi Madrid untuk membajak Falcao. Kabarnya, mereka siap untuk membayar mahal demi mendapatkan El Tigre.

Sedangkan Lamela mungkin saja akan kembali ke Italia karena gagal bersinar bersama Spurs di Liga Inggris. Selama ini, dia hanya menjadi pilihan kedua di skuad The Lily Whites.

Arsenal juga berpotensi untuk kembali membuat kejutan di bursa transfer tengah musim ini. Wenger mengatakan, saat ini The Gunners memang perlu beberapa pemain tambahan, khususnya di lini depan. Namun, dia mengharapkan pemain itu memiliki kualitas kelas satu.

Dua nama santer diberitakan akan merapat ke Emirates Stadium. Mereka adalah Diego Costa dan Karim Benzema. Bahkan, Costa menjadi kandidat paling kuat untuk menjadi pemain baru Arsenal.

Beberapa pemandu bakat Arsenal sempat melihat performa Diego Costa saat menghadapi Sant Andreu dalam laga Copa Del Rey (Rabu 18 Desember 2013), dan melawan Levante di La Liga, 3 hari kemudian. Meski baru saja memperpanjang kontrak bersama Los Colchoneros hingga 2018, Costa masih memiliki peluang besar untuk pindah.

Dalam klausul kontrak baru, Costa bisa saja dilepas oleh Atletico asalkan ada klub yang mampu memenuhi klausul buy-out sebesar 38 juta euro. Dan Arsenal akan memenuhinya karena dana transfer yang dikucurkan oleh manajemen kepada Wenger diyakini sangat besar.

"Saya tidak tahu jika melakukan beberapa langkah yang telah dirancang. Kami sedang berada dalam situasi darurat. Tambahan pemain spesial sangat kami perlukan. Itu akan menentukan apakah kami bisa bertahan di papan atas klasemen liga atau tidak," ucap Wenger seperti dilansir TalkSport.

MU Masih Cari Pemain Baru

Saat klub-klub lain dengan mudahnya mendapatkan pemain baru, MU malah kesulitan mendapatkannya. Di bursa transfer musim panas lalu, mereka hanya mampu membeli satu pemain berkualitas saja, Marouane Fellaini dari Everton. Sayangnya, Fellaini gagal bersinar dan justru terus berkutat dengan cedera.

Kesulitan mendapatkan pemain baru ternyata berimbas pada prestasi mereka di Liga Inggris. Setan Merah harus bersusah payah untuk bisa masuk posisi 6 besar klasemen sementara.

Sebenarnya, MU tidak malas berburu pemain. Beberapa talenta muda seperti Koke dan Ander Herrera sempat diberitakan segera merapat ke Old Trafford.

Tapi, keduanya hingga sekarang tidak kunjung hadir. Selain mereka, MU rumornya juga sedang mendekati bek Everton, Leighton Baines, dan bek Southampton, Luke Shaw. Baines memang sudah menjadi incaran MU sejak awal musim.

Ketika itu, MU ingin membeli Baines sepaket dengan Fellaini. Tapi, karena penawaran dianggap terlalu rendah, MU akhirnya gagal merekrut Baines. 

Untuk Shaw, nama ini adalah incaran baru MU. Performanya yang mengilap bersama Southampton di musim ini telah menarik perhatian Moyes.

Sayangnya, peluang MU untuk mendapatkan keduanya di bursa transfer kali ini terhitung sangat kecil. Everton dan Southampton sedang berada di posisi bagus di klasemen Liga Inggris saat ini. Akan menjadi bumerang bagi mereka jika melego pemain-pemain andalannya itu. 

Tapi, kondisi itu tidak lantas membuat Moyes berkecil hati. Dia tetap akan berupaya mencari pemain baru demi membangun ulang skuadnya di putaran kedua ini. 

"Dalam beberapa bulan dan tahun mendatang, akan ada pembangunan ulang klub, saya tidak ragu dengan hal itu. Tujuan melakukan pembangunan ulang demi masa depan klub," tutur Moyes. (one)

Harvested from: http://bola.viva.co.id
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1