Sportpedia: Amerika Serikat Dominan di Olimpiade Musim Panas 1932

Author : Administrator | Thursday, March 02, 2017 | Okezone -

Jurnalis : Tatang Adhiwidharta

DOMINASI Amerika Serikat di ajang olahraga internasional empat tahunan begitu kuat. Terbukti, Negeri Paman Sam itu telah mengumpulkan 2.520 medali di Olimpiade musim panas, di antaranya 1.022 emas, 794 perunggu, dan 704 perak. Namun, perjalanan Amerika di Olimpiade melewati banyak rintangan.

Berawal dari 1932, Los Angeles, California, ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas ke-10. Event olahraga ini diselenggarakan ketika dunia dilanda depresi hebat atau sebuah peristiwa menurunnya tingkat ekonomi secara dramatis. Tak ayal, beberapa negara bagian atau kota tak ada yang mencalonkan diri.

Selain itu, sejumlah negara tidak bisa mengirimkan atlet karena tidak memiliki dana. Tercatat, Olimpiade diikuti 1.332 atlet dari 37 negara yang bertanding dalam 116 nomor lomba dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan. Jumlah peserta hanya setengah dari Olimpiade Amsterdam 1928.

Cobaan mendera ajang olahraga dunia ini, selaku tuan rumah, Presiden Amerika Serikat kala itu Herbert Hoover, tak bisa menghadiri acara pembukaan. Lantas, ia menjadi kepala negara pertama yang tak menghadiri Olimpiade yang diadakan negaranya.

Mendapat cobaan dalam negeri tak menghentikan atlet Amerika untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Hasilnya, mereka sukses mengumpulkan 41 emas, 32 perak, dan 30 perunggu dengan total 103 medali.

Keluar sebagai juara umum setidaknya memberikan obat bagi Amerika Serikat yang tengah dilanda krisis ekonomi kala itu. Bahkan, komite penyelenggara Olimpiade yang tak mengumumkan laporan keuangan dikabarkan mendapatkan keuntungan sebesar 1 juta dolar sekira Rp13,363 miliar.

 

Dominasi Amerika Serikat di Olimpiade musim panas terus berlanjut hingga kini. Perolehan mereka hanya bisa disaingi oleh negara yang sudah runtuh yakni Uni Soviet dengan 1.010  medali.

Harvested from: http://sports.okezone.com/read/2017/03/02/43/1632324/sportpedia-amerika-serikat-dominan-di-olimpiade-musim-panas-1932
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1