OCA Apresiasi Kinerja Inasgoc

Author : Administrator | Monday, February 20, 2017 | Media Indonesia -

Penulis: Maggie Nuansa Mahardika

AP Photo/Alex Brandon

PRESIDEN Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Fahad Al-Ahmed Al Sabah mengapresiasi kemajuan signifikan yang dilakukan Indonesia dalam melakukan persiapan multiajang Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Hal itu disampaikan Al Sabah pada OCA Executive Board Meeting yang berlangsung di Sapporo, Jepang, Minggu (19/2).

"Kami memantau persiapan dan kemajuan yang dilakukan Indonesia baik secara teknis maupun nonteknis, terutama sejak OCA membuka kantor perwakilan khusus OCA di Jakarta, Desember lalu. Saya mendengar hal-hal yang positif. Oleh karena itu, saya mengapresiasi pemerintah Indonesia, Inasgoc, dan ketua coordination committee (corcom) atas usaha untuk memperlancar Asian Games 2018," ujar Al Sabah kepada delegasi Indonesia yang dipimpin Presiden Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir.

Penilaian positif juga diberikan Rita Soebowo, mantan ketua KOI yang juga merupakan anggota kehormatan OCA dan kepala kantor perwakilan OCA di Jakarta. Menurut Rita, sudah semestinya memang semua pihak bahu-membahu menyukseskan pesta negara-negara Asia tersebut di Indonesia. "Saya menilai Inasgoc dan pemerintah Indonesia, serta pemerintah daerah di kedua kota penyelenggara, sangat serius akan tanggung jawab ini. Pertemuan di antara kedua pihak digelar setiap pekan, dengan mengevaluasi kerja setiap kuartal untuk menilai kemajuan yang dicapai," ucap Rita.

Ketua Coordination Committee OCA Tsunekatzu Takeda, yang bertanggung jawab dalam mengoordinasi perkembangan kemajuan Indonesia, menambahkan pihaknya kini menanti pelaksanaan coordination committee meeting selanjutnya yang akan digelar di Palembang, Maret mendatang, sebagai momen evaluasi atas kemajuan yang sudah dilakukan. "Coordination committee di Palembang akan menentukan dalam mengukur kemajuan yang sudah dilakukan meskipun hingga saat ini, saya menilai apa yang dilakukan Indonesia sudah baik," kata dia.

Sementara itu, Erick menyatakan OCA masih menyoroti tingkat kemacetan yang ada di sekitar Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, dan mobilisasi dari dan ke Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Utara. Selain itu, OCA tidak menyampaikan respons negatif terkait dengan jumlah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan. Sampai saat ini, Kemenpora dan Satlak Prima baru menyepakati ada 44 cabang dan 486 nomor.

Cabut sanksi
Pada bagian lain, Wakil Ketua Inasgoc sekaligus Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto berterima kasih atas pencabutan sanksi WADA (Badan Antidoping Dunia) atas Indonesia. Indonesia sebelumnya dianggap kurang kondusif dalam mendukung antidoping terkait dengan adanya doping pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional Jawa Barat 2016.

"Kami berterima kasih kepada OCA dan WADA karena dua hari lalu sanksi itu dicabut sehingga sungguh tidak etis jika saat executive board ini berlangsung, kita sebagai tuan rumah Asian Games 2018 masih terkena sanksi . Oleh sebab itu, ke depan kami akan membenahi hal doping demi mempersiapkan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games," jelasnya. (Beo/R-3)

Harvested from: http://mediaindonesia.com/news/read/92966/oca-apresiasi-kinerja-inasgoc/2017-02-20#
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1