Diusulkan, Pembagian Medali Terpisah di SEA Games 2017

Author : Administrator | Friday, August 07, 2015 11:13 WIB | -
Indonesia merih medali emas dan perak ganda SEA Games XXVIII/2015 melalui Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dengan unggul atas Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

MANILA, Kompas.com - Tuan rumah SEA Games 2017, Malaysia, mengisyaratkan akan mengutamakan pemilihan cabang-cabang olah raga yang masuk dalam Olimpiade dalam pesta olah raga negara-nnegara Asia Tenggara tersebut.

Pihak Malaysia juga mengisyaratkan akan mengurangi cabang-cabang olahraga yang tidak masuk dalam pertandingan Olimpiade.

Selama ini cabang-cabang okahraga non Olimpiade tersebut dipertandingakan di ajang SEA Games untuk mendongkrak perolehan medali negara tuan rumah penyelenggara untuk mengejar ambisi menjadi juara umum.

Dalam SEA Games 2017 yang akan dipertandingkan di Kuala Lumpur tersebut, berkembang juga wacana untuk  menghitung pengumpulan medali yang terpisah antara cabang Olimpiade ndan non Olimpiade.

Pihak Filipina yang berhasrat akan menjadi tuan rumah SEA Games 2019 menyambut baik wacana ini. "Sudah waktunya kita membuat kategori pengumpulan medali yang terpisah. Kita harus  memberi peluang lebih banyak pada cabang olahraga Olimpiade agar kita dapat tampil lebih baik di ajang tersebut," kata ketua Komite Olimpiade Filipina (POC), Jose Cojuangco Jr.

"Kita sering lupa untuk fokus pada cabang-cabang Olimpide dan lebih memperhatikan pada hal menjadi juara umum (SEA Games),"katanya lagi.

Filipina akan mengajukan diri menjadi tuan rumah SEA Games 2019 dan pihak Komite Olimpik Filipina (POC)  akan mendukung model yang diajukan Malaysia tentang penyelanggaraan SEA Games dan kaitannya dengan Olimpiade.

Harvested from: olahraga.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1