Asian Games Mendekat Cabang Mulai Bersiap

Author : Administrator | Wednesday, November 02, 2016 | Media Indonesia -

ANTARA/ZABUR KARURU

SEJUMLAH cabang olahraga mulai menyiapkan atlet untuk masuk pemusatan latihan nasional jangka panjang hingga Asian Games Jakarta-Palembang 2018 digelar. Beberapa di antara cabang tersebut bahkan sengaja menyelipkan atlet muda untuk mengikuti multiajang empat tahunan yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September 2018. Salah satu cabang yang sudah menyiapkan diri ialah pencak silat. Melalui seleksi nasional yang digelar pekan lalu, saat ini Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) telah mendapatkan 28 pesilat utama untuk menjalani pelatnas Asian Games 2018. Ujian utama pesilat pelatnas tersebut ialah Kejuaraan Dunia Pencak Silat di Denpasar, Bali, pada 3-9 Desember mendatang.

Sekretaris Umum PB IPSI, Erizal Chaniago, mengatakan kejuaraan dunia juga diproyeksikan untuk menjadi bagian dalam promosi dan degradasi tahap pertama. Setelah itu, SEA Games 2017 Malaysia menjadi bagian dari promosi dan degradasi tahap berikutnya. “Untuk promosi dan degradasi itu kami masih melihat dulu perkembangan latihan pesilat yang masuk pelatnas. Kedua ajang itu memang menjadi target antara bagi pesilat sebelum berlaga di Asian Games 2018. Setelah di dua ajang tersebut, baru kita bisa lihat peta kekuatan lawan,” kata Erizal.

Seleksi nasional pencak silat melibatkan 71 pesilat yang merupakan juara PON, juara kejurnas, juara kejurnas mahasiswa, dan pesilat yang sudah ada di pelatnas sebelumnya. Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB IPSI, Johansyah Lubis, mengatakan target definitif untuk Asian Games 2018 memang belum ditentukan. Namun, pihaknya melihat pencak silat mampu menyumbang tiga medali emas bagi kontingen Indonesia.

Dari cabang angkat besi, selain atlet senior yang dipersiapkan, Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI) juga menyiapkan lifter muda potensial untuk dibina. Lifter muda tersebut direkrut melalui Kejuaraan Nasional Satria Remaja II yang dilangsungkan di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.
Wakil Ketua Umum PB PABBSI, Djoko Pramono, mengatakan lifter yang berprestasi di Kejuaraan Satria Remaja tahun depan akan berkompetisi di kejurnas junior. Jenjang tersebut wajib dilalui sebelum mereka dinilai layak masuk tim utama untuk Asian Games dan Olimpiade 2020.

Mulai renovasi
Kawasan Pusat Pengembangan Pemuda dan Olahraga Nasional milik Kementerian Pemuda dan Olahraga di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, mulai direnovasi untuk dijadikan sebagai tempat pelatnas sejumlah cabang ­olahraga. Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, mengatakan proses renovasi sejumlah bangun-an di Pusat Pengembangan Pemuda dan Olahraga Nasional Cibubur untuk menjadi Pusat Olimpiade dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Biaya yang dikeluarkan Kementerian PU-Pera untuk merenovasi kawasan tersebut sekitar Rp10 miliar. (R-3)

Penulis: Ghani Nurcahyadi

Harvested from: http://www.mediaindonesia.com/news/read/75129/asian-games-mendekat-cabang-mulai-bersiap/2016-11-02#
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1