Indonesia Juara FIBA 3x3 World Tokyo Tour Masters

Author : Administrator | Wednesday, July 24, 2013 12:19 WIB | VIVA News -
Ilustrasi bola basket 3X3 atau 3 on 3

VIVAbola - Indonesia keluar sebagai juara FIBA 3X3 World Tour Tokyo Masters 2013. Keberhasilan ini membuat Indonesia berhak tampil di Grand Final FIBA 3x3 di Istanbul, Turki, Oktober mendatang.

Indonesia yang diwakili tim Jakarta diperkuat Fandi Andhika Ramadhani (Aspac), Wijaya Saputra (CLS Knight), Vinton Nollan Surawi (Garuda Kukar), dan Rizky Effendi (Aspac). Sedangkan, Anthony Gunawan dipercaya sebagai pelatih. Dalam kejuaraan ini, Indonesia berstatus sebagai debutan.

Pada awal penyisihan grup, Tim Jakarta sempat kesulitan mengawali turnamen di babak penyisihan Grup C. Menghadapi tim Kawasaki, Nagoya dan Guangzhou, Jakarta hanya bisa menempati peringkat tiga klasemen. Namun, Jakarta akhirnya lolos ke fase knock-out karena berstatus sebagai tim peringkat tiga terbaik dari 12 peserta.

Di babak preliminary round, Jakarta berhasil menang atas Beirut (Lebanon) dan Nagoya di partai final. Bahkan tim tuan rumah harus gigit jari setelah disingkirkan 14-12. Sekretaris Jendral PB Perbasi, Agus Mauro bangga atas prestasi yang ditorehkan tim asuhan Anthony Gunawan itu.

"Sepertinya ini pertama kali, Indonesia juara melawan negara-negara adidaya basket. Ini pencapaian membanggakan," ujar Agus Mauro dalam juma pers Selasa, 23 Juli 2013.

"Tidak banyak yang berpikir, Indonesia bakal lolos karena secara skill dan postur kami kalah. Tapi saat game kedua, Indonesia menunjukan mental bertanding seperti Garuda. Bisa menang di depan fans tuan rumah sungguh luar biasa," Agus melanjutkan.

Kemenangan ini membuat tim Jakarta mendapatkan tiket lolos ke Grand Final FIBA 3X3 World Tour 2013 di Istanbul, 4-5 Oktober mendatang dan hadiah berupa uang sebesar U$D 10 ribu (Rp 102 juta)

Sementara itu, pelatih Anthony Gunawan tidak ingin anak asuhnya terlena dengan gelar juara ini. Dia mengingatkan timnya harus bekerja ekstra keras jika ingin mengulang sukses di Grand Final FIBA 3x3 World Tour di Istanbul.

"Sudah ada pekerjaan rumah untuk para pemain. Saya minta mereka untuk lakukan weight training. Kami sempat kalah ketika menghadapi benturan-benturan di lapangan. Jadi kita perlu tambah kekuatan," tambah sang pelatih.

Sejauh ini, baru dua tim yang lolos ke Istanbul  yaitu Jakarta dan Nagoya. FIBA masih menunggu hasil rangkaian series selanjutnya, yaitu seri San Juan di Puerto Rico (10-11 Agustus), seri Prague di Republik Ceko (24-25 Agustus), seri Laussane di Swiss (30-31 Agustus), dan seri Rio de Janiero di Brasil (14-15 September).

Harvested from: http://sport.news.viva.co.id/news/read/431527-indonesia-juara-fiba-3x3-world-tokyo-tour-masters
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1