Indonesia | English | Arabic
Friday, 24 October 2014
You are here: UMM >> News >> Sports >> Football >> Sriwijaya ke Puncak, ISL Semakin Panas

Sports



Sriwijaya ke Puncak, ISL Semakin Panas

» Thursday, 09 February 2012 | 10:00 WIB | Viewed: 36878

facebook umm twitter umm delicious umm digg umm en-umm_news_438.html  en-umm_news_438.pdf  berita-ilmiah_438.doc umm-news-438-en.ps
Sriwijaya FC Di ISL 2011/2012 (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAbola - Memasuki pekan 12, persaingan di papan atas klasemen Indonesian Super League (ISL) 2011-2012 semakin memanas. Hal ini tidak terlepas dari kemenangan yang diperoleh Sriwijaya FC saat menjamu Deltras Sidoarjo, Rabu, 8 Februari 2012.

Laskar Wong Kito sukses menaklukkan tamunya, Deltras Sidoarjo 3-1 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya, Jaka Baring, Palembang. Tiga gol Sriwijaya FC masing-masing dicetak oleh Keith Kayamba Gumbs (menit 14 dan 41) dan Hilton Moreira (menit 63). Sedangkan satu-satunya gol balasan Deltras disarangkan Amos Marah Kicmett pada menit ke-37.

Dengan kemenangan ini, Laskar Wong Kito berhasil merebut puncak klasemen yang selama beberapa pekan dikuasai juara bertahan Persipura. Sriwijaya berhak memuncaki klasemen setelah mengkoleksi 25 poin dari 12 laga yang dijalani.

Sementara itu, Persipura yang sehari sebelumnya takluk dengan skor tipis oleh Persija jakarta 0-1 harus turun ke posisi dua.  Tim Mutiara Hitam punya 24 poin, atau selisih satu poin dari Sriwijaya FC.

Persaingan 7 kuda pacu

Tapi Sriwijaya FC tampaknya belum dapat duduk nyaman di puncak klasemen. Pasalnya selisih poin yang tidak terlalu jauh di antara tim papan atas klasemen, membuat persaingan di papan atas klasemen diprediksi akan terus berlangsung sengit. Kesalahan di satu laga saja bakal mempengaruhi posisi di klasemen.

Sriwijaya memang mampu memuncaki klasemen dengan raihan 25 poin. Tapi duo tim asal Papua, Persipura dan Persiwa Wamena mengintai di posisi dua dan tiga. Dan hanya berselisih satu hingga dua poin dari pemuncak klasemen.

Persib Bandung di posisi empat klasemen juga berpeluang menyodok ke puncak klasemen. Klub berjuluk Maung Bandung ini sempat tampil impresif dengan tidak terkalahkan di enam laga ISL.

Meski baru mengkoleksi 21 poin, namun Persib masih mengantongi satu laga. Jika menang, maka Persib bisa merangsek ke posisi dua klasemen dengan menyamai perolehan poin Persipura.

Sementara itu, Mitra Kukar yang duduk di posisi lima klasemen juga tidak dapat diremehkan begitu saja. Tim yang diperkuat mantan pemain Premier League, Marcus Bent mampu membuktikan diri sebagai kandidat peraih juara ISL. Begitu pula dengan Persela Lamongan yang mampu tampil stabil dan kokoh di posisi enam klasemen.

Persija Jakarta yang duduk di posisi tujuh klasemen juga tidak dapat diremehkan. Klub kebanggaan publik ibukota ini menjadi salah satu pesaing serius dalam memperebutkan gelar ISL musim ini. Meski baru mengkoleksi 16 poin, namun klub berjuluk Macan Kemayoran ini baru melakoni sembilan laga, alias masih mengantongi tiga laga di tangan.

Jika Bambang Pamungkas Cs bisa menyabet poin penuh di tiga laga tersebut, maka Persija Jakarta bakal menyamai perolehan poin Sriwijaya FC di puncak klasemen. Berikut klasemen sementara Indonesian Super League hingga pekan ke-12.

Serangan Terbaik vs Pertahanan Terbaik

Hingga pekan ini, Sriwijaya FC masih menjadi yang terbaik dalam hal agresivitas gol. Dari 12 laga yang telah dijalani, Ponaryo Astaman dan kawan-kawan mampu 30 kali menjebol gawang lawan. Jika dihitung secara statistik, Sriwijaya mampu mencetak rata-rata 2,5 gol di setiap laga.

Sriwijaya unggul dari enam pesaing lainnya, seperti Persipura jayapura (22 gol), Persiwa Wamena (19 gol), Persib Bandung (17 gol), Mitra Kukar (23 gol), Persela Lamongan (17 gol) dan Persija Jakarta (14 gol).

Ketajaman Sriwijaya juga ditunjukkan dengan masuknya dua bomber andalannya di daftar teratas pencetak gol terbanyak sementara ISL musim ini. Keith Kayamba menjadi topskor sementara dengan 12 gol. Disusul rekannya, Hilton Moreira di posisi kedua dengan torehan 9 gol. 

Untuk agresivitas, Sriwijaya boleh jumawa. Tapi kalau mengenai barisan pertahanan, maka Sriwijaya masih harus belajar banyak dari Persija Jakarta. Pasalnya, lini pertahanan tim yang dibesut oleh Iwan Setiawan ini bisa dibilang menjadi yang terbaik di ISL sementara ini.

Dari sembilan laga yang telah dilakoni, gawang Persija baru bobol sebanyak lima kali. Macan Kemayoran unggul dari para pesaingnya yang telah kebobolan dua digit. Seperti Sriwijaya FC (11 gol), Persipura (15 gol), Persiwa Wamena (15 gol), Persib Bandung (13 gol), Mitra Kukar (15 gol), Persela (12 gol). (irb)



Harvested from : http://bola.vivanews.com

Comment:


Add New Comment:


Nama: *
E-mail: *


Website:


Komentar: *

characters left


Enter the phrase *

Event

Announcement