4 Universitas Muhammadiyah tempati 100 Besar Webometrik Asia Tenggara

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Friday, February 04, 2011 14:38 WIB

Yogyakarta- Empat Universitas Muhammadiyah menempati peringkat 100 besar Webometrics yang merupakan lembaga pemeringkat web yang disusun oleh cybermatrics Lab sebagai peneliti masyarakat berbasis di Spanyol.

Khusus untuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang baru masuk dalam 100 besar di Asia Tenggara kali ini, merupakan komitmen civitas UMY dalam meningkatkan kinerja kuantitatifnya. Menurut Kepala Biro Sistem Informasi (BSI) UMY, Wahyudi, ST, MT, meningkatnya peringkat UMY ini sebagian besar disebabkan oleh naiknya peringkat visibility website UMY yang menjadi salah satu komponen atau indikator pemeringkatan Webometrics. “Secara detail,  UMY berada pada rangking ketujuh pada komponen visibility se-Indonesia. Hal ini menunjukkan website UMY makin banyak diakses dan diapresiasi oleh masyarakat luas, khususnya di dunia cyber,” lanjutnya di Kampus Terpadu, Jumat (04/02/2011). Peringkat visibility UMY naik menjadi 1.313 dunia, dari 2.706 pada periode sebelumnya. Dengan demikian, kini posisi UMY juga berada di peringkat ke-26 untuk perguruan tinggi se-Indonesia.

Lebih lanjut, Wahyudi mengatakan jika ada empat komponen. Komponen tersebut, yaitu jumlah halaman yang terindeks oleh yahoo search engine (Size), banyaknya website lain yang menautkan ke website UMY pada website lain tersebut (Visibility), Sejumlah file seperti powerpoint, PDF, word, dan postscripe yang terdeteksi dalam website UMY (Rich file), serta jumlah karya ilmiah (Scholars). (umy.ac.id)(mac)

Shared:
Shared:
1