WNI Pengidap Flu Burung di Hong Kong Masih Bisa Sembuh

Author : Administrator | Tuesday, December 10, 2013 09:08 WIB
Polisi Hong Kong saat hadapi wabah flu burung.
Polisi Hong Kong saat hadapi wabah flu burung. | (REUTERS / Bobby Yip)

VIVAnews - Konsulat Jenderal RI di Hong Kong mengatakan bahwa satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengidap virus flu burung H7N9, Tri Mawarti, telah membaik, bahkan sudah sadarkan diri. 

Sebuah tim KJRI yang beranggotakan tiga orang telah membesuk Tri di ruang isolasi RS Queen Mary pada Jumat, 6 Desember 2013. 

Demikian informasi yang diperoleh VIVAnews dari Konsulat Muda Bidang Penerangan Sosial dan Budaya, Sam Aryadi, ketika dihubungi melalui telepon pada Senin, 9 Desember 2013.

Walau bertemu dengan Tri, tim dari KJRI tidak bertatap muka secara langsung. Mereka melihat Tri dari balik kaca.  

Tri pun diajak komunikasi oleh tim KJRI tidak menggunakan bahasa lisan, melainkan menggunakan bahasa isyarat dan tulis.  

"Walau menggunakan bahasa isyarat, semua pertanyaan kami dijawab dengan benar oleh Tri. Ketika kami berbicara, dia mengangguk tanda mengerti," ujar Sam. Alat bantu yang sebelumnya banyak menempel di tubuh Tri, sudah mulai dilepas sebagian. 

Lalu, apa saja yang disampaikan Tim KJRI? 

Sam menyebut secara garis besar. Dia dan tim KJRI hanya memberikan semangat. Mereka tidak ingin menambah beban pikiran Tri dengan menanyakan pertanyaan esensial seperti ikhwal dia tertular virus flu burung dan alasan dia pergi ke kota Shenzen. 

"Hal itu juga menjadi kesepakatan kami dengan pihak RS Queen Mary. Karena, Tri baru saja siuman, maka kami hanya akan menyampaikan semangat saja dan kabar soal putrinya," kata Sam. 

Putri Tri yang bernama Eka Fitria, Sam melanjutkan, menitipkan salam kepada ibunya yang tengah terbaring di RS. 

Dalam kesempatan itu, Sam turut diinformasikan oleh humas RS, bahwa Tri memiliki kesempatan untuk sembuh, namun masih membutuhkan waktu. 

"Waktu pastinya kapan, mereka juga belum tahu. Namun, karena ini merupakan peristiwa pertama kasus flu burung, maka mereka pasti akan selalu memantau," kata dia. 

Ditanya mengenai putri Tri, Sam mengaku tim dari KJRI ingin secepatnya memberangkatkan Eka Fitria. 

"Kami juga terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah. Khususnya dengan pemda, kami meminta bantuan agar hal-hal yang berkaitan dengan urusan administratif dapat langsung segera diurus," imbuh dia.

Tri sebelumnya dilarikan ke RS Queen Mary pada 30 November lalu, karena dinyatakan positif mengidap virus flu burung H7N9. Dari riwayat perjalanan sebelumnya, Tri diketahui bepergian selama empat hari ke kota Shenzen.

Di kota itu, dia dan satu orang WNI lainnya diduga melakukan kontak dengan unggas hidup. Satu orang teman Tri sudah diisolasi dan dinyatakan negatif tertular virus flu burung. (art)

Harvested from: http://dunia.news.viva.co.id/news/read/465105-wni-pengidap-flu-burung-di-hong-kong-masih-bisa-sembuh
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1