Tersirat, Trump Dukung Inggris Keluar dari Uni Eropa

Author : Administrator | Monday, May 16, 2016 06:15 WIB
Tersirat, Trump Dukung Inggris Keluar dari Uni Eropa
Donald Trump dukung Brexit (Foto: AFP)

 

Metrotvnews.com, New York: Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik kembali mengoceh tentang dunia internasional. Kali ini, ia mengomentari Inggris yang berpotensi keluar dari Uni Eropa atau lebih dikenal dengan Brexit atau Britain Exit.

"Inggris tak akan 'terluka' sama sekali dalam hal negosiasi perdagangan dengan AS jika keluar dari Uni Eropa," ucap Trump dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi di AS, seperti dikutip CNN, Senin (16/5/2016).

"Maksudku, mereka harus membuat kesepakatan mereka sendiri. Inggris sudah menjadi sekutu kuat selama ini," lanjutnya. Hal ini menyiratkan bahwa miliarder asal New York tersebut mendukung keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Ocehannya juga merujuk pada kunjungan Presiden AS, Barack Obama ke Inggris pada April lalu yang mengatakan bahwa Inggris akan 'mengantre' di barisan paling belakang dalam negosiasi kesepakatan perdagangan dengan AS jika keluar dari Uni Eropa.

Obama mengatakan kesepakatan perdagangan antara kedua negara masih bisa terjadi. "Namun, fokus kami adalah negosiasi dengan negara-negara anggota Uni Eropa terlebih dahulu," kata Obama.

Trump juga menegaskan jika ia terpilih menjadi Presiden AS, ia tak akan memperlakukan Inggris secara berbeda meskipun seandainya keluar dari Uni Eropa.

"Saya akan memperlakukan semua negara sama. Tak akan saya bedakan apakah negara tersebut masuk Uni Eropa atau tidak," jelas Trump.

Sebelumnya, mantan Wali Kota London, Boris Johnson mengatakan pada kampanye Brexit di Christchurch bahwa kebijakan Uni Eropa sejauh ini mengikuti jejak Adolf Hitler dan Napoleon Bonaparte.

"Tidak ada otoritas tunggal yang menghormati atau mengerti. Itu yang menyebabkan kekosongan demokrasi besar ini," tegas Johnson.


 

 


Harvested from: http://internasional.metrotvnews.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1