Tersangkut Skandal Presiden Park, Kantor Samsung Digerebek

Author : Administrator | Tuesday, November 08, 2016 07:52 WIB

Foto: Reuters

SEOUL – Kejaksaan Keorea Selatan (Korsel) menggerebek kantor Samsung Electronics sebagai bagian dari penyelidikan skandal penyalahgunaan pengaruh yang melibatkan Presiden Park Gyeun-hye dan teman dekatnya Choi Soon-sil. Berdasarkan laporan media Negeri Ginseng, kejaksaan tengah menyelidiki apakah perusahaan raksasa dunia itu turut memberikan bantuan finansial kepada putri Choi.

Choi Soon-sil dituduh menggunakan kedekatannya dengan Presiden Park Gyeun-hye untuk mencampuri urusan dan kebijakan-kebijakan negara demi mendapat keuntungan pribadi. Putri dari Choi Tae-min, seorang pemimpin sekte keagamaan itu memiliki pengaruh kuat di komunitas budaya dan olahraga Negeri Ginseng.

Dengan bantuan pejabat senior kepresidenan, Choi dituduh telah mengumpulkan dana senilai 77 miliar won dari sejumlah konglomerat besar Korsel, salah satunya adalah Samsung.

Diwartakan Reuters, Selasa (8/11/2016), jaksa menyelidiki dugaan aliran dana sebesar 2,8 juta euro yang diberikan Samsung ke sebuah perusahaan milik Choi dan putrinya yang juga mantan atlet berkuda (equestrian) Korsel Chung Yoo-ra. Terkait penyelidikan ini, jaksa telah menginterogasi para eksekutif perusahaan elektronik itu.

Kantor Park Sang-jin, presiden Corporate Relations Samsung yang saat ini menjabat sebagai ketua Federasi Equestrian Korea juga menjadi sasaran penggeledahan. Kejaksaan juga menggeledah kantor Federasi Equestrian Korea dan Asosiasi Hubungan Berkuda Korea.

 


 

 


Harvested from: http://news.okezone.com/read/2016/11/08/18/1535591/tersangkut-skandal-presiden-park-kantor-samsung-digerebek
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1