Tentara Rusia Usung Peluncur Roket, Turki Berang

Author : Administrator | Monday, December 07, 2015 05:50 WIB
REUTERS Kapal Rusia, Caesar Kunizov, terlihat berlayar di dekat Kota Istanbul, Turki.

 

KOMPAS.com - Pemerintah Turki mengungkapkan kemarahannya setelah sebuah foto menampilkan seorang serdadu Rusia, yang mengusung peluncur roket, saat berada di kapal perang yang melintasi perairan Turki.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyebut insiden itu "provokasi".

“Aksi serdadu yang memamerkan roket atau senjata antipesawat saat berada di sebuah kapal perang Rusia, ialah murni provokasi,” kata Cavusoglu, seperti dilaporkan surat kabar Hurriyet.

Foto yang dipublikasikan media di Turki menunjukkan seorang serdadu tampak memanggul sebuah peluncur. Saat itu dia terlihat sedang berdiri di anjungan kapal perang Rusia, Caesar Kunikov, yang tengah melintasi Selat Bosphorus.

Melalui perjanjian sejak masa Perang Dunia I, Turki harus membolehkan semua kapal melintasi selat yang membelah Kota Istanbul. Selat tersebut krusial artinya bagi Rusia karena itu adalah satu-satunya jalan bagi kapal-kapal Angkatan Laut di Laut Hitam untuk mencapai Laut Mediterania dan samudera lainnya di dunia.

Hubungan Turki-Rusia memburuk sejak militer Turki menembak jatuh pesawat Rusia yang disebut telah melanggar wilayah udaranya. Rusia pun meradang dengan insiden tersebut, apalagi satu dari dua pilot pesawat itu meninggal dunia.

Harvested from: http://internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1