Soal Skotlandia, Ratu Bergumam

Author : Administrator | Wednesday, September 24, 2014 11:48 WIB
Perdana Menterin Inggris David Cameron mengatakan Ratu Elizabeth II bergumam ketika dikabari hasil referendum Skotlandia.

KOMPAS.COM - Ratu Elizabeth II bergumam ketika Perdana Menteri Inggris David Cameron mengutarakan kepadanya mengenai hasil referendum Skotlandia yang berakhir dengan penolakan kemerdekaan.

Reaksi sang ratu diketahui awak media ketika Cameron sedang berbicara dengan mantan Wali Kota New York, Michael Bloomberg, di kota berjuluk "Big Apple" itu.

Kala topik referendum Skotlandia mengemuka, Cameron mengaku kepada Bloomberg bahwa menghubungi Ratu Elizabeth II dan berkata, “Semuanya baik-baik saja. Di seberang sana, dia bergumam. Saya belum pernah mendengar seseorang begitu gembira,” kata Cameron.

Perkataan Cameron tersebut didengar sejumlah kru televisi di dekatnya.

Sakit perut

Pembicaraan Cameron dan Bloomberg tidak hanya soal reaksi ratu, tetapi juga perasaan Cameron dalam menyikapi jajak pendapat menjelang referendum Skotlandia.

“Seharusnya (hasil jajak pendapat) tidak seketat itu. Bukan pada masa-masa akhir, tapi ada saat di tengah kampanye, ketika itu terasa... Saya ingin menemukan lembaga-lembaga jajak pendapat ini dan ingin menuntut mereka karena sakit perut yang saya alami. Masa itu sangat mencemaskan,” kata Cameron.

Hasil referendum berujung pada penolakan terhadap kemerdekaan Skotlandia yang berarti tetap bersatu dengan Inggris. Sebanyak 45 persen pemilih lainnya menghendaki kemerdekaan Skotlandia.

Begitu hasil tersebut resmi keluar, Istana Buckingham merilis pernyataan Ratu Elizabeth II. Ratu, kata pernyataan tersebut, meyakini Skotlandia akan bersatu dalam semangat saling menghormati dan mendukung meski terdapat perasaan serta emosi berbeda yang kuat.

Harvested from: http://internasional.kompas.com/read/2014/09/24/09365731/Soal.Skotlandia.Ratu.Bergumam
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1