Saksi Jehovah Australia 'Sembunyikan' Pelanggaran Seks

Author : Administrator | Tuesday, July 28, 2015 09:23 WIB
Angus Stewart dari Komisi Kerajaan mengatakan,

KOMPAS.com - Gereja Saksi Jehovah di Australia gagal melaporkan lebih dari 1.000 orang yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak kepada polisi, demikian disebutkan sebuah komisi penyelidikan.

Komisi tersebut menyatakan Gereja menangani sendiri semua kasus tersebut, yang sebagian terjadi di tahun 1950-an.

Salah satu pemuka mengatakan pada sidang bahwa catatan tuduhan pelecehan dihancurkan agar tidak bisa diketahui.

Australia memulai penyelidikan nasional terkait pelecehan seksual terhadap anak pada tahun 2013, setelah muncul tuduhan pelanggaran di Gereja Katolik.

Anggota Komisi Kerajaan terkait Respons Kelembagaan dalam hal Pelecehan Seksual Anak-anak -yang menangani kelompok keagamaan- LSM dan badan sosial pemerintah, mengatakan lebih 4.000 korban melapor.

Komisi juga mendengarkan tuduhan pelecehan pada Gereja Katolik dan masyarakat Yahudi Orthodoks, selain sekolah dan panti asuhan anak.

Angus Stewart, penasehat komisi, mengatakan 1.006 orang diduga pelaku pelecehan seksual pada anak yang diidentifikasi Gereja Saksi Jehovah, tetapi "tidak satupun dilaporkan gereja kepada pemerintah sekuler".

Gereja Saksi Jehovah mengeluarkan 401 anggota setelah dilakukannya penyelidikan pelanggaran internal, tetapi lebih dari setengahnya kemudian diterima kembali.

Harvested from: internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1