Rusia Percepat Pembangunan Fasilitas Militer di Pulau Kurile

Author : Administrator | Tuesday, June 09, 2015 09:12 WIB
Pulau Kurile di Samudera Pasifik (Foto: Reuters)
Pulau Kurile di Samudera Pasifik (Foto: Reuters)

MOSKOW - Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu memerintahkan percepatan pembangunan falisitas militer dan sipil di Pulau Kurile yang berada di Samudera Pasifik. Pada wilayah tersebut, baik Pemerintah Rusia maupun Pemerintah Jepang memiliki teritori yang disengketakan.

Sebagaimana diberitakan Reuters, Selasa (9/6/2015), pernyataan tersebut disampaikan Shoigu di Kota Valdivostok, Rusia. Saat itu, dia sedang memeriksa distrik militer di wilayah timur Rusia.

Persengketaan atas pulau-pulau tersebut, yang dikenal dengan sebutan 'Kuriles' di Rusia dan 'Teritori Utara' di Jepang, telah mempertegang hubungan kedua negara sejak Perang Dunia II. Saat itu, Rusia berusaha memiliki empat pulau di wilayah selatan kepulauan tersebut.

Beberapa tahun belakangan, Pemerintah Rusia membuat marah Pemerintah Jepang karena melakukan kunjungan kenegaraan resmi di kepulauan yang berada di Samudera Pasifik tersebut dan melaksanakan kegiatan militer di pulau-pulau itu. Pemerintah Jepang menegaskan, pulau-pulau tersebut masuk ke dalam wilayah kekuasaan Jepang dan Pemerintah Rusia harus menyerahkan pulau-pulau itu kepada Jepang.

(pam)

Harvested from: http://news.okezone.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1