Rekan Terdekat Kim Jong-un Tewas dalam Kecelakaan

Author : Administrator | Wednesday, December 30, 2015 10:47 WIB
Kim Yang Gon (ki) berbincang dengan Menteri Reunifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae pada penutupan Asian Games, 4 Oktober 2015. (Foto: AP)

Kim Yang Gon (ki) berbincang dengan Menteri Reunifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae pada penutupan Asian Games, 4 Oktober 2015. (Foto: AP)

 

PYONGYANG – Seorang pejabat senior Korea Utara (Korut) yang juga berposisi sebagai asisten terdekat Pemimpin Besar Kim Jong-un dilaporkan tewas dalam sebuah kecelakaan mobil.

Kim Yang Gon menjabat sebagai sekretaris Partai Pekerja Korut dan kepala Departemen Front Bersatu (United Front Department) yang mengurusi hubungan Korut dengan tetangganya Korea Selatan (Korsel) merupakan kawan terdekat sekaligus partner Kim Jong-un dalam revolusi. Demikian dilaporkan kantor berita Korut KCNA.

Laporan dari Reuters, Rabu (30/12/2015) menyebutkan bahwa Kim adalah bagian dari delegasi pejabat senior yang ikut serta dalam pembicaraan dengan Korsel pada Agustus lalu. Pembicaraan yang dilakukan menyusul aksi saling tembak artileri antara kedua Korea itu menghasilkan perjanjian yang meredakan ketegangan sekaligus persetujuan untuk mengadakan pembicaraan lanjutan untuk meningkatkan hubungan kedua belah pihak.

KCNA melaporkan Kim meninggal pada usia 73 tahun dalam sebuah kecelakaan mobil, namun, tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kecelakaan itu. Dia menjadi pejabat senior Korut terakhir yang meninggal sejak awal tahun ini.

Sejak menggantikan ayahnya Kim Jong-Ill pada 2011, Kim Jong-un telah sejumlah pejabat senior Korut. Pada 2013 dia mengeksekusi pamannya Jang Song Thaek, yang merupakan orang nomor dua di negara itu dengan tuduhan melakukan “kejahatan anti-revolusi”.

Harvested from: http://news.okezone.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1