Rakyat Lebanon Saksikan "Supermoon"

Author : Administrator | Tuesday, November 15, 2016 05:43 WIB

Supermoon terlihat di dekat Menara Galata,Turki. (Foto: Reuters)

BEIRUT - Rakyat Lebanon bergabung dengan warga di belahan lain dunia, yang pada Senin 14 November malam menyaksikan bulan dalam jarak paling dekatnya ke Bumi. Peristiwa ini terakhir dapat disaksikan pada 26 Januari 1948 dan takkan terjadi lagi sampai 25 November 2034, kata Lembaga Antariksa AS, NASA.

"Supermoon" terjadi ketika bulan purnama atau bulan baru muncul bertepatan dengan jarak paling dekatnya dengan Bumi, yang juga dinamakan "Perigee", kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta Selasa (15/11/2016). "Bulan purnama super" terlihat sekira 12-14 persen lebih besar daripada biasanya.

Ramzi Abou Rjeili dari Kota Kecil Deir el Qamar di Gunung Lebanon termasuk di antara orang yang berkumpul di jalan-jalan di kota kecil itu untuk menyaksikan "supermoon".

"Setiap tujuh dasawarsa, bulan kelihatan sangat besar. Dan sebagaimana dikatakan media, bulan tersebut lebih dekat dengan Bumi sekira 315 ribu kilometer dibandingkan dengan jarak normalnya dari Bumi," kata Abou Rjeili kepada Xinhua.

"Buat kami di Deir El-Qamar (yang dalam Bahasa Inggris berarti Biara Bulan), kami sejak dulu terbiasa menyaksikan bulan, tapi ini untuk pertama kali saya melihatnya sangat besar," katanya.

(rfa)

 

Harvested from: http://news.okezone.com/read/2016/11/15/18/1541640/rakyat-lebanon-saksikan-supermoon
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1