Raja Saudi Lantik Anggota Perempuan Dewan Syura

Author : Administrator | Wednesday, February 20, 2013 14:21 WIB
Raja Abdullah

RIYADH, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz, Selasa (19/2/2013), untuk pertama kalinya melantik perempuan sebagai anggota Dewan Syura Kerajaan. Dewan ini bertugas menjadi penasihat raja khususnya terkait penerbitan undang-undang baru.

"Tempat Anda di Dewan Syura jangan dilihat sebagai kehormatan belaka namun juga dilihat sebagai sebuah tugas, karena Anda mewakili masyarakat," kata Raja Abdullah.

Saat ini, seperlima anggota Dewan Syura Kerajaan atau 30 orang, diisi perempuan. Keputusan untuk mengangkat perempuan sebagai anggota lembaga ini diumumkan pada 2011, namun nama-nama mereka baru diumumkan kepada publik bulan lalu.

Dengan masuknya anggota perempuan, maka perombakan dilakukan di gedung Dewan Syura agar anggota perempuan dan laki-laki tetap terpisah.

Pidato singkat Raja Abdullah yang disiarkan televisi pemerintah kala melantik anggota Dewan Syura itu adalah penampilan publik pertamanya setelah menjalani pembedahan November lalu.

Raja berusia 90 tahun itu dikenal dengan sejumlah kebijakannya yang mulai mempromosikan peran perempuan Arab Saudi.

Namun, keputusannya mendudukkan perempuan sebagai anggota Dewan Syura tak pelak sempat menimbulkan protes dari kalangan ulama konservatif.

Mereka mengatakan keputusan raja itu, dan putusan lain yang membuat perempuan semakin mudah melakukan kegiatan lain, menyalagi Hukum Syariah.

Harvested from: http://internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1