Prayuth Chan-ocha Terpilih Menjadi PM Thailand

Author : Administrator | Thursday, August 21, 2014 13:50 WIB
Jenderal ini memimpin kudeta militer pada Mei lalu setelah terjadi kebuntuan politik di Thailand

BANGKOK, KOMPAS.COM - Pemimpin junta Thailand Prayuth Chan-ocha dinobatkan sebagai perdana menteri baru negara itu. Jenderal Prayuth, 60 tahun, dinominasikan pada Kamis (21/8/2014) dalam pemilihan legislatif oleh junta yang terdiri dari tokoh-tokoh besar militer dan polisi.

Dia adalah kepala tentara ketika memimpin kudeta dramatis pada Mei lalu.

Kala itu, terjadi kebuntuan politik yang intens antara pemerintah dan partai-partai oposisi Yingluck Shinawatra yang mengakibatkan protes dan bentrokan.

Dia terpilih setelah semua 197 anggota Majelis Nasional Thailand memberikan suara mereka pada Kamis (21/8/2014) pagi. Sebagai perdana menteri, ia diharapkan untuk memilih kabinet barunya segera.

Wartawan BBC Jonathan Head di Bangkok mengatakan pemungutan suara di parlemen tampak seperti formalitas saja. Pertemuan berlangsung hanya selama 15 menit dan Prayuth adalah satu-satunya kandidat.

Hasil ini kemudian akan diserahkan kepada Raja Bhumibol Adulyadej untuk disahkan.

Perannya sebagai perdana menteri berstatus sementara karena pada akhir 2015 pemerintah Thailand akan mengadakan pemilu ulang. Walau begitu, wartawan BBC mengatakan Prayuth kini memiliki kuasa yang besar.

Prayuth sebelumnya berjanji akan mereformasi politik untuk mencegah kembalinya gejolak beberapa tahun terakhir, menawarkan kemungkinan restorasi aturan demokratis tahun depan.

Namun para pengamat percaya prioritas sebenarnya adalah untuk menghancurkan partai politik mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, yang telah memenangkan setiap pemilihan selama 14 tahun terakhir.

Harvested from: http://internasional.kompas.com/read/2014/08/21/13294031/Prayuth.Chan-ocha.Terpilih.Menjadi.PM.Thailand
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1